25 radar bogor

Hindari Bakteri, Ini Tiga Tips Simpan Makanan di Kulkas saat Lebaran

ILUSTRASI rendang (istimewa)
ILUSTRASI rendang (istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Saat Lebaran, masyarakat banyak mengolah masakana. Terkadang, masakan yang diolah tidak habis dalam sekali makan, dan harus di simpan di tempat penyimpanan dalam suhu ruang atau kultas.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan ada beberapa tips agar makanan tidak tercemar bakteri.
Makanan yang terlalu lama disuhu kamar juga cenderung mengalami kontaminasi.

“Yang menjadi masalah kadang kala tidak semua kuman yang mencemari makanan tersebut menyebabkan perubahan bau dan bentuk dari makanan tersebut,” katanya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Apa saja tipsnya?

1. Pisahkan Makanan

Pada saat penyimpanan makanan harus tetap diperhatikan makanan yang matang jangan berdekatan dengan makanan yang mentah. Sehingga makanan yang matang tidak terjamah oleh bakteri yang kebetulan hidup pada makanan yang mentah.

2. Panaskan Makanan

Panaskan kembali makanan, baik secara langsung atau melalui microwave saat makanan tersebut akan dikonsumsi lagi. Ini dapat menghindarkan potensi keracunan makanan.

3. Perhatikan Suhu

Makanan yang terlalu lama di suhu kamar juga cenderung terkontaminasi bakteri. Yang menjadi masalah kadang kala tidak semua kuman yang mencemari makanan tersebut menyebabkan perubahan bau dan bentuk dari makanan tersebut.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin