25 radar bogor

Dikritik Soal Caption Foto Presiden-Wapres, Ustaz Yusuf Mansur Minta Maaf

Yusuf-Mansur
Ustaz Yusuf Mansur. Foto: Instagram/yusufmansurnew
Yusuf-Mansur
Ustaz Yusuf Mansur. Foto: Instagram/yusufmansurnew

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ustaz Yusuf Mansur akhirnya menyampaikan permintaan maaf usai mengunggah caption atau keterangan foto tidak tepat pada unggahan akun Twitter miliknya, Jumat (14/5) malam.

Ustaz Yusuf diketahui membagikan foto Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin berjabat tangan. “Foto langka menurut saya dengan izin Allah. Mana ada met hari raya. Mari bersihkan hati. Apa-apa jadi doa aja, dibawa doa… banyakin baik sangka… ini Presiden ke Wapres loh. Potret langka… dan pengajaran budi pekerti yang baik sekali… bismillaah walhamdulillaah,” cuitnya.

Tak disangka, beberapa waktu kemudian, pakai telematika Roy Suryo menguak fakta mencengangkan. Bahwa, apa yang diposting UYM tidaklah semuanya benar, alias narasi Jokowi melantai sungkeman ke Wapres yang duduk di kursi tidaklah benar.

Menurut Roy, foto itu bukan saat ini, melainkan dua tahun lalu. Momen ketika Ma’ruf Amin belum jadi wakil presiden, tapi selama ulama yang dituakan. “Foto yg baru diunggah hari ini, 14/05/21 14.25 wib & diberi Caption “… ini presiden ke wapres loh …” (?) memang Foto yang Bagus. Namun Captionnya tidak tepat,” jelas Roy.

Roy menuturkan foto itu sudah beredar di media sosial sejak dua tahun lalu. “Sebenarnya foto tersebut sudah ada lama & diposting sejak 17/01/19 di Akun IG & dimuat di Media online 21/01/21, sebelum Wapres,” tegasnya.

Foto Jokowi dan Maruf Amin itu adalah melaksanakan salat berjamaah sebelum digelar debat Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2019. Sontak, setelah fakta ini terkuak, banyak yang menghujatnya.

“Wah makin kacau ini Yusuf Mansur, hoaxnya kentara banget. Lihat aja enggak ada pakai masker gitu dibilang Lebaran sekarang. Antum parah banget tadz kalau menjilat, baru kali ini gue ketemu ustaz kek antum,” komen akun @boruto7324 di akun Ustaz Yusuf.

Melihat gejolak yang terjadi, Ustaz Yusuf mengakui kesalahannya. Dia meminta maaf. “Siap salah, salim. Saya WA ya, kemarin kapan itu saya ke Jogja. Kelupaan aja mau WA buat ngupi-ngupi. Makasih ya, semoga saya bisa terus belajar,” responnya terhadap koreksi Roy Surya.

“Siap salah, enggak bilang juga Lebaran. Maafin ta, siap nerima masukan, met mulk kawan-kawan,” tulisnya, membalas warganet yang membully-nya. (pojoksatu)