Beranda Internasional Pasukan Indonesia Temukan Peledak di ‘Garis Biru’, Ini Jenisnya

Pasukan Indonesia Temukan Peledak di ‘Garis Biru’, Ini Jenisnya

Pasukan Indonesia bersama angkatan bersentaja Lebanon saat mengevakuasi benda peledak di wilayah perbatasan Lebanon-Israel. (IST)

BEIRUT-RADAR BOGOR, Tim Patroli Satgas Indobatt (Indonesia Battalion) Konga XXIII-O/Unifil kembali menemukan peledak di area pengawasan Kompi Alfa yang terletak di ‘Garis Biru’ atau zona netral perbatasan Lebanon dengan Israel, Selasa (12/5/2021) lalu. 

Dalam rilis yang diterima radarbogor.id, penemuan bahan peledak  tersebut berawal ketika tim patroli Kompi Alfa yang dipimpin Sertu Gunarto, saat melaksanakan jaga di sekitar ‘Garis Biru’. Langkahnya terhenti ketika melihat benda yang mencurigakan.

Setelah dicermati dan diobservasi, dipastikan benda tersebut adalah peledak berjenis Rocket 122 mm berbentuk tabung yang tertancap di tanah. Penemuan ini langsung dilaporkan ke TOC (Tactical Operation Center) Kompi Alfa 9-63, dan segera ditindaklanjuti ke markas Battalion Indobatt di UNP 7-1.

Kompi Alfa kemudian melakukan kordinasi dengan angkatan bersenjata Lebanon. Benda peledak tersebut dapat diamankan, sehingga tidak  menimbulkan dampak yang  berarti apabila menimbulkan ledakan.

“Patroli di ‘Garis Biru’ adalah kegiatan rutin. Mengingat kondisi di area tersebut sangat rawan,” ujar Komandan Kompi Alfa, Mayor Inf Ridwan Efendi.

Sementara Komandan Satgas Indobatt, Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar mengucapkan terima kasih atas kinerja anggotanya yang benar-benar fokus dalam menjalankan tugas. 

“Saya mengapresiasi kinerja anggota dalam menjalankan tugas. Satgas kami sudah dua kali menemukan benda peledak,” jelas pria yang juga Komandan Konga tersebut. 

“Dari sini kita dapat mengetahui kalau daerah operasi Satgas Indobatt benar-benar rawan, dan Allhamdulillah anggota kami sangat fokus dalam menjalankan tugas,” pungkas Amril. (*/rur)