Beranda Metropolis TPU Ditutup, Masyarakat Nekat Tetap Berziarah

TPU Ditutup, Masyarakat Nekat Tetap Berziarah

Sejumlah warga menyambangi kompleks pemakaman keramat Embah Dalem, Kedung Badak, Tanah Sareal Kamis (13/5). IMAM/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Seluruh Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Bogor telah ditutup, 12-16 Mei mendatang. Meski begitu, sebagian warga tetap nekat untuk berziarah di sejumlah pemakaman.

Salah satunya, warga tetap menyambangi kompleks pemakaman keramat Embah Dalem, Kedung Badak, Tanah Sareal. Hanya, jumlahnya tak banyak.

Warga yang datang bisa dihitung jari. Beberapa pedagang makanan juga terlihat di sekitar kompleks makam.

Salah seorang pengunjung, Atik, datang bersama keluarga besarnya. Di kompleks itu memang ada makam kerabat dan keluarganya asli Kota Bogor. Sudah jadi rutinitas tahunan berziarah ke makam tersebut.

“Cuma sekarang memang sepi. Jadi, kayak di keluarganya pada rencanain gitu gantian, biar gak berkerumun,” tuturnya, Kamis (13/5).

Ia sendiri sudah mendengar terkait larangan pemkot dalam menziarahi makam selama masa lebaran. Akan tetapi, kompleks yang tak jauh dari underpass itu tetap bisa dikunjungi secara bergantian.

Manurut Atik, kompleks pemakaman besar semacam TPU yang memang dikhawatirkan bisa mengundang banyak orang dan kerumunan.

Sebelumnya, pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengeluarkan aturan untuk menutup seluruh TPU untuk ziarah.

Kebijakan ini diterapkan serentak di seluruh wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, untuk pemakaman jenazah masih tetap diizinkan dilakukan selama periode larangan ziarah kubur tersebut. (mam)