25 radar bogor

Kaji Program, Bappeda Gandeng Tim Lembaga Studi Visi Nusantara.

SERIUS : Diskusi Bappedalitbang Kabupaten Bogor dengan Tim Lembaga Studi Visi Nusantara.

RADAR BOGOR – Kolaborasi dilakukan pemerintah daerah, demi meningkatkan kualitas berbagai program yang telah direncanakan.

Kali ini, bertempat di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Senin (10/5/2021) dilakukan diskusi dalam rangka kerjasama antara Bappedalitbang Kabupaten Bogor dengan Tim Lembaga Studi Visi Nusantara dalam program kajian Evaluasi Integrasi Program Pembanguan Daerah Kabupaten Bogor.

Hadir pada pertemuan tersebut Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Heksi Lestari, dan Kasubid Pengendalian, Evaluasi dan Pelapora, Irsan.

Heksi Lestari menyampaikan, pemerintah daerah Kabupaten Bogor akan melakukan kajian evaluasi terhadap integrasi program pembangunan daerah, dengan melihat konsistensi dokumen perencanaan program pembangunan daerah yang akan mewujudkan sinergitas perencanaan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas pemanfaatan sumberdaya dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

“Harapannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor bersama para pemangku kepentingan (stakeholders) menjalankan peran dan kewenangannya masing-masing yang terintegrasi dengan rencana program dan dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki, sesuai dinamika perkembangan,” paparnya.

Sementara itu, hadir selaku tim ahli Lembaga Studi Visi Nusantara Arsyad, selaku ketua tim, Toto Sugiarto dan Daniel Zuchron sebagai anggota tim.

Arsyad memaparkan, untuk mewujudkan integrasi perencanaan program pembanguan daerah, maka dilakukan kajian evaluasi sejauhmana sinkronisasi dan integrasi perencanaan program pembanguan daerah Kabupaten Bogor yang selama ini sudah berjalan, terutama pada Tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hasil dari kajian, sambung Arsyad, diharapkan diperoleh masukan guna mendapatkan pedoman rencana kerja pemerintah daerah yang saling terintegrasi dan sinergis satu dengan yang lain sehingga visi dan misi pembangunan Kabupaten Bogor dapat berjalan dan tercapai sesuai target yang telah ditetapkan pada visi dan misi Bupati Kabupaten Bogor.

Dengan terbangunnya kesamaan pemahaman dan tindakan terkait penyusunan program pembangaunan daerah, akan melahirkan produk program dan kegiatan tahunan yang selaras dengan arah kebijakan pemerintah daerah dan kebutuhan masyarakat serta berkualitas dari sisi substansi,” pungkasnya. (*/ded)