25 radar bogor

Ratusan Juru Parkir Pasar Tradisional Diswab Tes Antigen

Satgas Covid-19 mengadakan swab tes antigen kepada 100 juru parkir yang bertugas di seputaran Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor, Senin (10/5/2021). Dede/Radar Bogor
Satgas Covid-19 mengadakan swab tes antigen kepada 100 juru parkir yang bertugas di seputaran Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor, Senin (10/5/2021). Dede/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Satgas Covid-19 mengadakan swab tes antigen kepada 100 juru parkir yang bertugas di seputaran Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, swab test antigen dilakukan untuk memastikan orang-orang yang beraktivitas di pasar dalam kondisi sehat, dan memastikan tidak terpapar Covid-19.

Swab test tersebut dilakukan secara acak. Sasaranya komunitas pasar khususnya kepada para pengatur parkir atau juru parkir. “Ini semua kami lakukan agar juru parkir ini yang langsung bertatapan dan bertemu dengan pengunjung dalam kondisi sehat dan tidak menularkan covid 19,” katanya, Senin (10/5/2021).

Rencananya kegiatan swab tes antigen tersebut bakal terus dilakukan hingga lebaran mendatang. Hal ini dilakukan mengingat beberapa waktu lalu terjadi penumpukan dan peningkatan pengunjung di sejumlah pasar tradisional.

“Tentunya kegiatan ini akan terus kami laksanakan sampai dengan hari H lebaran nanti. Apalagi ada kemungkinan besar peningkatan pengunjung bakal terjadi di beberapa hari kedepan ini, mengingat lebaran tinggal menghitung hari,” ucapnya.

Selain juru parkir, swab tes antigen secara acak ini akan menyasar kepada para pedagang yang berjualan di pasar tradisional. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19. “Ini kami lakukan sebagai sempel. Karena kita juga perlu tahu potensi penyebaran covid-19 di pasar tradisional,” katanya.

Selain itu pihaknya ngin memberikan sosialisasi kepada komunitas pasar untuk sama-sama menjaga tidak ada kerumunan antara pengunjung. Selain pasar tradisional, rencananya pemeriksaan serupa juga bakal dilakukan di sejumlah pusat perbelanjaan hingga mall.

“Sementara ini kita fokus terhadap pasar dulu, karena ini menjadi salah satu pusat kunjungan masyarakat. Nanti ke depan kita juga akan melaksanakan di pusat-pusat perbelanjaan hingga mall,” tutupnya. (ded)