25 radar bogor

Bima Arya Salurkan Zakat Maal, Imbau ASN Untuk Berbagi

Bima Arya Salurkan Zakat Maal, Imbau ASN Untuk Berbagi
Bima Arya Salurkan Zakat Maal, Imbau ASN Untuk Berbagi

BOGOR-RADAR BOGOR, Walikota Bogor, Bima Arya menyalurkan zakat mal kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Pembayaran zakat tersebut, disaksikan Ketua Baznas Kota Bogor Chotib Malik disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Senin (10/5/2021).

“Menyisihkan sebagian rezeki kita yang disisihkan dari penghasilan kita, sebesar 2,5 persen,” ujar Bima Arya.

Dirinya juga mengajak kepada ASN untuk menyisihkan sebagian rezeki yang telah diterimanya. Apalagi, mereka sudah menerima tunjangan senilai satu kali gaji pokok di massa pandemi Covid-19.

“Saya imbau kepada ASN Kota Bogor untuk berzakat,” kata Bima.

Menurutnya, dengan menunaikan zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat Muslim untuk meringankan beban sesama saudara pada massa yang sulit saat ini.

Bima menambahkan, program gerakan cinta zakat tersebut ia gaungkan kepada seluruh unsur Forkopimda agar dana yang terhimpun melalui Baznas semakin besar.

“Mereka punya keluarga besae masing-masing, TNI, Polri, Kemenag supaya ada gerakan serentak supaya dicontohkan dari para pemimpin,” katanya.

Sementara itu, Chotib mengatakan kegiatan yang dilakukanya merupakan bagian dari kegiatan gebyar cinta zakat pada bulan Ramadan.

Selain itu, gerakan tersebut juga bertepatan dengan hari zakat nasional yang dilaksanakan seluruh jajaran dari mulai pemerintah pusat sampai daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun selama Ramadan, Baznas Kota Bogor mencatat dana yang terhimpun dari masyarakat sebesar Rp904 juta, dari total target Rp1,6 miliar.

Perolehan tersebut, didapatkan dari zakat fitrah dalam bentuk uang tunai dan beras, serta zakat maal, infak, dan sedekah.

Rincianya, zakat fitrah sebesar Rp63 juta, zakat mal Rp800 juta, infak/shodaqoh sebesar Rp40 juta.

Sedangkan untuk dana hibah, Baznas memperoleh dana hibah pada tahun 2021 sebesar Rp200 juta.

Disisi lain, Baznas menerima donasi berupa barang dari Bank Negara Indonesia 200 pcs, Bank Syariah Indonesia 30 pcs, Bank Mega 50 pcs sembako, Bazmas Indonesia 5 tom beras, dan terakhir bank Sinasmas Syariah 40 pcs spanduk.

Tampak Ketua DPRD Atang Trisnanto, Kapolresta Bogor Kota Kombespol Susatyo Purnomo Condro, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Roby Bulan, Danrem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi turut menyalurkan zakat mal.(ded)

Reporter: Dede
Editor: Rany P Sinaga