Beranda Metropolis Sepekan Jelang Lebaran, Wakil Wali Kota Bogor Cek Prokes di Pusat Perbelanjaan

Sepekan Jelang Lebaran, Wakil Wali Kota Bogor Cek Prokes di Pusat Perbelanjaan

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat memeriksa pusat pembelanjaan, Sabtu (8/5/2021). Dede/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus mengawasi akivitas di pusat perbelanjaan, khususnya di pekan menjelang Lebaran. Pengawasan itu dilakukan sebagai antisipasi terjadinya klaster penyebaran Covid-19.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menuturkan, saat ini ada tren peningkatan kasus Covid-19 yang cukup menghawatirkan secara nasional. Terlebih, pada pekan menjelang Lebaran banyak orang mempergunakan untuk berbelanja. “Bogor masih relatif angka kasusnya masih landai,” kata Dedie, saat meninjau pusat perbelanjaan Lipp Plaza Ekalokasari, Sabtu (8/5/2021).

Namun, jangan sampai karena pemerintah abai dan masyarakat tidak patuh protokol kesehatan (prokes), terjadi peningkatan kasus masyarakat yang terpapar virus corona.

Dedie juga melihat, Kota Bogor harus menyukseskan penurunan angka Covid-19 Kota Bogor. Saat ini Kota Bogor masih di zona oranye dan mempunyai target masuk zona kuning menjelang pembelajaran serantak pada Juli 2021.

Untuk itu, pemkot akan memastikan melalui Disperindag untuk mengingatkan para pengelola pusat perbelanjaan. “Artinya kita punya potensi masyarakat itu akan terkonsentrasi di beberapa tempat khususnya di perbelanjaan, di supermarket, kemudian juga di pasar dan lain-lain,” katanya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Bogor, klaster di pusat perbelanjaan masih di bawah 1 persen. “Jadi untuk klaster pusat perbelanjaan sampai minggu kemarin dari rakor satgas covid-19 datanya menunjukan masih dibawah 1 persen,” paparnya.

Menurutnya, data klaster paling tinggi masih didominasi klaster rumah tangga. Kemudin klaster luar kota. “Untuk klaster perbelanjaan masih di 0,23 persen dari kasus terpapar,” kata Kadisperindag Ganjar Gunawan yang ikut mendampingi.

Ditempat yang sama, Mall Director Lippo Plaza Ekalokasi Bogor, Henky Hiantoro menjelaskan, Lippo Plaza Bogor melakukan persiapan secara detail pada pekan belanja Lebaran.

Mulai dari melakukan pembentukan Satgas Covid-19 Lippo Plaza Ekalokasari yang melakukan pengawasan mulai dari proses antrean pengunjung mal, pemeriksaan suhu, juga pembersihan secara berkala untuk tetap menjaga area mal selalu higienis.

Mal Lippo Plaza ekalokasari Bogor juga menyiapkan prosedur kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah bagi karyawan mal ataupun karyawan tenant sesuai dengan protokol kesehatan dan aturan pemerintah. “Di masa pandemi ini, kesehatan tentunya menjadi prioritas utama,” paparnya.

Henky juga berharap pengunjung dapat melakukan aktifitas di dalam mal dengan tetap mengikuti prosedur yang kita siapkan dengan disiplin dan bertanggung jawab.

Lippo Plaza Ekalokasari Bogor juga akan melakukan pengawasan secara ketat agar pengunjung menjalankan tahapan prosedur dengan baik, mulai dari pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin, dan tetap menjaga physhical distancing sesuai dengan aturan.

Kata dia, selama seminggu ini pihaknya harus betul-betul serius melakukan semua komitmen dengan semua persyaratan. Kepada masyarakat Kota Bogor tidak perlu khawatir karena mal sebagai pengelola sudah mempersiapkan semua protokol-protokol kesehatan dengan sangat serius.(ded)