Beranda Metropolis Longsor dan Pohon Tumbang, Villa Bogor Indah Kebanjiran

Longsor dan Pohon Tumbang, Villa Bogor Indah Kebanjiran

Perumahan Villa Bogor Indah, Kota Bogor, terendam banjir. Imam/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat harus tetap waspada dengan hujan yang menerjang Kota Bogor selama beberapa pekan terakhir. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi bisa mengakibatkan bencana longsor maupun banjir.

Seperti yang terjadi di Perumahan Villa Bogor Indah Blol C2, Kota Bogor. Banjir menerpa wilayah tersebut setelah hujan intensitas tinggi terjadi di Kota Bogor, Jumat malam (7/5). Beberapa rumah terendam air dari luapan Kali Ciganea.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas menjelaskan, luapan air itu disebabkan oleh longsor dan tumbangnya tiga pohon di sekitar sungai itu. Material longsoran dan pohon menutup aliran air di Kali Ciganea. Tak pelak, air pun meluap ke pemukiman warga.

“Tiga pohon tumbang sehingga menghalangi aliran air Kali Ciganea lalu meluap ke dalam area jalan perumahan warga dengan tinggi air banjir kurang lebih 20-30 centimeter,” terangnya, Sabtu (8/5).

Tanah longsor yang terjadi dengan panjang 13 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 5 meter. Kejadian itu membuat dinding rumah dua warga jebol di wilayah Perumahan Ciparigi Indah RT 03/RW 07 Kelurahan Ciparigi, Bogor Utara.

“Personel sudah melakukan assement kesana. Penanganan dengan memotong pohon yang tumbang itu dan membuka jalur air. Penangan selesai sekira pukul 03.30 Wib,” pungkasnya. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto