25 radar bogor

ICW Yakin Ketua KPK Tidak akan Lulus Tes Wawasan Kebangsaan

Ketua KPK Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak 75 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan tidak lolos dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Sehingga tidak lolos menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Koordinator Indonesia Coruuption Watch (ICW), Adnan Topan Husodo mengaku aneh dengan TWK yang diberikan kepada 75 pegawai lembaga antirasuah tersebut.

“Kita enggak perlu melihat tes itu sebagai wawasan kebangsaan. Saya menyebutnya tes abal-abal saja,” ujar Adnan dalam diskusi secara virtual di Jakarta, Sabtu (8/5).

Adnan menambahkan, jika seandainya Ketua KPK Firli Bahuri ikut tes tersebut. Maka sudah dipastikan tidak akan lulus. Karena dia telah melanggar kode etik KPK. Karena bertemu dengan seseorang yang sedang tersangkut kasus korupsi di KPK.

“Jika diukur dengan tes sekarang saya yakin Pak Firli enggak lulus. Karena Pak Firli pernah melanggar kode etik di KPK,” katanya.

Sehingga Adnan mengaku aneh kenapa Firli yang telah melanggar kode etik, lantas dijadikan orang yang menentukan nasib 75 pegawai di KPK ini. Dia menilai tidak bisa diterima oleh akal sehat. “Nah sekarang mereka-mereka menentukan yang tidak punya integritas tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Andan menduga, memang ada kesengajaan tidak meloloskan 75 pegawai KPK tersebut dalam test TWK. Sehingga memang ada upaya membuat KPK ini lemah. “Realitasnya satu paham yakni membuat KPK hancur maka upaya-upaya itu dilakukan,” pungkasnya.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin