Beranda Bogor Raya Libur Lebaran, Waspada Klaster Pusat Perbelanjaan!

Libur Lebaran, Waspada Klaster Pusat Perbelanjaan!

Salah satu pusat perbelanjaan di Kecamatan Cileungsi.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Sejumlah Mall dan pusat perbelanjaan di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor, dipastikan bakal dipadati pengunjung saat libur lebaran Idul Fitri 1442 H.

Ini tidak terlepas dari Larangan Mudik Lebaran 1442 Hijriah dan kebijakan Aglomerasi Jabodetabek yang membolehkan aktifitas sektor esensial akan tetap beroperasi tanpa ada penyekatan.

Polsek Cileungsi mencatat, setidaknya di Kecamatan Cileungsi ada empat pusat perbelanjaan, yakni Giant Hypermart, Ramayana Cileungsi, Cileungsi Trade Center dan yang paling besar ada Metropolitan Mall Cileungsi ( MMC).

Jika lengah, pusat perbelanjaan bisa saja menjadi kluster baru penularan Covid-19. Untuk itu Muspika Kecamatan Cileungsi memanggilnya sejumlah pemgeola pusat perbelanjaan yang ada di kecamatan Cileungsi. Hal itu untuk memastikan bahwa tidak terjadi kerumunan saat lonjakan Pengunjung.

“Kita lakukan Rapat Kordinasi dengan pelaku usaha. Mulai dari mall dan supermarket,” ujar Kapolsek Cileungsi kepada Radar Bogor Jumat (7/5).

Andri menjelaskan, kebiasaan masyarakat saat libur Idulfitri adalah berbelanja juga piknik. “Jangan sampai ada kerumunan di pusat perbelanjaan dan jadi kluster baru penularan Covid 19,” paparnya.

Selain itu, saat ini PPKM diperpanjang. Jadi para pengelola pusat perbelanjaan harus betul-betul memahami.

“Nantinya pihak muspika bersama satgas Covid y akan melakukan sidak ke sejumlah pusat perbelanjaan juga tempat makan,” tuturnya.

Andri juga menjelaskan, jika membutuhkan bantuan pengamanan, bisa meminta kepada muspika. “Silahkan meminta bantuan ke muspika untuk pengamanan di lokasi tempat usaha,” tuturnya.

Selain pusat perbelanjaan, pasar tradisional juga menjadi titik rawan kluster baru penularan Covid 19 di masa libur lebaran idul Fitri 1442 Hijriah. Andri pun juga memanggil pengelolas pasar Cileungsi untuk memastikan tidak terjadi kerumunan di pasar Cileungsi. “Jadi kita panggil juga,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Pasar Cileungsi Mulyadi mengatakan saat ini jumlah pengunjung pasar Cileungsi paling banyak mencapai 7000 dalam sehari. “Iya 5000 sampai 7000 pengunjung,” katanya kepada Radar Bogor Jumar (7/5).

Menurutnya paling banyak pengunjung pasar Cileungsi membeli kebutuhan lebaran. Seperti daging juga pakaian dan perhiasan. “Untuk protokol kesehatan Kita ketat,” tukasnya. (all)

Reporter: Arifal Fajar
Editor: Alpin