25 radar bogor

Larang Mudik Jabodetabek, Kapolresta: Tak Ada Ganjil-Genap

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menjelaskan terkait pemberlakukan ganjil genap yang bakal diberlakukan sore ini. Foto Humas Pemkot Bogor
Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menjelaskan terkait pemberlakukan ganjil genap yang bakal diberlakukan sore ini. Foto Humas Pemkot Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Larangan mudik di dalam wilayah aglomerasi juga menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Meski begitu, penyekatan arus mudik tetap berjalan sembari memperkuat PPKM Mikro.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menerangkan, penyekatan arus mudik akan mengerucut kepada warga di luar Kota Bogor. Meski begitu, mereka tetap akan mempertimbangkan alasan pengendara memasuki wilayah kota.

Ia mengakui, penghadangan di enam sekat itu hanya menerjunkan sekira 1200 petugas. Selebihnya, pihaknya fokus memperkuat PPKM Mikro, tanpa menambah titik sekat.

“Jadi kita tidak lagi menerapkan Ganjil-Genap. Kita akan fokus penyekatan saja. Kita akan perkuat pengaturan di tingkat pusat perbelanjaan, seperti Kebon Kembang, Suryakencana, dan sebagainya,” terangnya, Jumat (7/5).

Kepolisian juga masih punya tim Crowd Free Road yang akan melakukan penutupan-penutupan di pusat perbelanjaan jika ada kepasatan. Oleh karena itu, tak perlu melakukan lagi Ganjil-Genap di masa-masa kritis menjelang lebaran atau hari raya Idulfitri.

“Dimensi kesehatan dan dimensi ekonomi harus tetap sama-sama kita perhitungkan. Kami juga akan menunggu perkembangan turunan dari putusan-putusan Satgas Covid-19. Bisa saja nanti ada aturan-aturan baru dari pemerintah pusat yanh akan kita aplikasikan di wilayah Kota Bogor,” pungkasnya. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto
Editor: Alpin