25 radar bogor

Wali Kota Ini Larang Presiden Jokowi Mudik

 

 

 

RADAR BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi, tampaknya tahun ini tak akan merayakan Lebaran di kampung halamannya, menyusul larangan Wali Kota Surakarta.

Sebagai Wali Kota, Gibran tegas melarang itu. Sebagai gantinya, silturahmi antara anak dan ayah ini akan dilakukan via daring.

Sebagai wali kota, Gibran memang harus memberi contoh dalam penegakan aturan. Termasuk melarang Presiden Jokowi mudik selama pelarangan mudik Lebaran 6-17 Mei diberlakukan.

“Iya, Lebaran tahun ini bapak (Jokowi) tidak mudik. Halalbihalal daring saja,” kata dia, Rabu (5/5).

Gibran memastikan sang ayah tidak memiliki agenda kunjungan kerja di Solo pada saat Lebaran mendatang. Hal itu dipaparkan Gibran guna menegaskan kepatuhan pejabat dalam mematuhi kebijakan yang sudah disepakati bersama. 

Penegasakan ini diberikan wali kota untuk mengingatkan kembali agar seluruh masyarakat mengindahkan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah selama peniadaan mudik Lebaran 6-17 Mei ini. Kendati demikian, Pemerintah Kota Surakarta tetap memberikan kelonggaran bagi mudik lokal di kawasan eks Karesidenan Surakarta.

“Kita menahan diri dulu sebentar untuk tidak mudik. Jangan sampai kasus Covid-19 naik lagi,” jelas dia.

Untuk mempertegas istilah mudik lokal agar tidak menimbulkan pemahaman ganda di masyarakat, Pemkot Surakarta terus koordinasi dengan pemerintah pusat. Tujuannya untuk menyamakan persepsi tentang mudik lokal yang diperbolehkan.

“Setahu saya ada beberapa tempat aglomerasi yang diperbolehkan (mudik lokal). Nanti kami cek lagi ke pusat. Ini agar ada keseragaman,” tutur Gibran. (radarsolo)