25 radar bogor

Peristiwa Langka, Hasil USG Kembar 7, saat Lahir Ternyata Kembar 9

KEJADIAN LANGKA: Halima Cisse (berbaring) dan tim dokter setelah melahirkan bayi kembar sembilan di salah satu rumah sakit di Maroko (Facebook)
KEJADIAN LANGKA: Halima Cisse (berbaring) dan tim dokter setelah melahirkan bayi kembar sembilan di salah satu rumah sakit di Maroko (Facebook)

MAROKO-RADAR BOGOR, Halima Cisse tiba-tiba terkenal. Namanya terpampang di berbagai media, baik dalam maupun luar negeri. Sebab, dia mengalami peristiwa langka. Perempuan 25 tahun asal Mali itu berhasil melahirkan bayi kembar sembilan atau nonuplet. Perinciannya, 5 bayi perempuan dan 4 laki-laki.

’’Sejauh ini kondisi ibu dan bayi-bayinya baik-baik saja,’’ ujar Menteri Kesehatan Mali Fanta Siby kepada Agence France-Presse.

Hasil USG sebelumnya menunjukkan bahwa Cisse hamil bayi kembar tujuh. Dia sempat dirawat di Point G Hospital, Bamako, Mali, selama dua pekan. Dokter lalu meminta Cisse mendapatkan perawatan spesialis.

Presiden sementara pemerintahan transisi Mali Bah Ndaw mendengar permintaan tersebut. Dia mengirim Cisse untuk mendapatkan perawatan di Maroko. Tim dokter dari Mali ikut mendampingi. Dia dirawat di Maroko sejak akhir Maret. Selama menjalani observasi di rumah sakit tersebut, Cisse sekali lagi dinyatakan hamil bayi kembar tujuh alias septuplet.

Cisse akhirnya melahirkan secara Caesar pada Selasa (4/5/2021). Para dokter yang menanganinya dibuat kaget dengan ”tambahan” dua bayi lainnya. Selama ini jarang terjadi ibu yang mampu melahirkan bayi kembar tujuh hingga cukup bulan. Namun, melahirkan bayi kembar sembilan lebih jarang lagi. Terlebih, semua bayi Cisse selamat atau hidup.

Hingga kini, belum diketahui kehamilan Cisse terjadi secara alami atau melalui proses bayi tabung. Tidak diketahui pula berat setiap bayi dan Cisse melahirkan pada pekan keberapa. (*)

Sumber: jawapos.com
Editor: Lucky