Beranda Metropolis Empat Jam, 172 Kendaraan Dihalau di Kota Bogor

Empat Jam, 172 Kendaraan Dihalau di Kota Bogor

Pos-pos penyekatan mudik telah mulai beroperasi di 6 titik wilayah Kota Bogor, Kamis (6/5/2021). Imam/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pos-pos penyekatan mudik telah mulai beroperasi di 6 titik wilayah Kota Bogor, Kamis (6/5). Dalam rentang empat jam beroperasi, pihak kepolisian menjaring hingga 451 kendaraan.

Kapolresta Bogor Kota, Kombea Pol Susatyo Purnomo Condro merincikan, kendaraan-kendaraan itu diperiksa lantaran memasuki wilayah Kota Bogor. Diantaranya, ada yang harus diputar balik. Sebanyak 35 motor dan 137 mobil terpaksa harus “pulang” dan tak bisa memasuki Kota Bogor.

“Paling banyak yang diperiksa itu di Pos Tol Borr, ada 167 kendaraan. Sementara yang diputar balik ada 77 kendaraan,” terangnya kepada Radar Bogor, Kamis (6/5).

Ia menambahkan, penyekatan itu harus diintensifkan sepanjang waktu. Tak terkecuali bagi para pendatang yang berada di luar wilayah aglomerasi Jabodetabek.

“Kalau untuk para pemudik, tadi kita sudah lihat dari pelat nomornya. Tadi terbanyak itu kendaraan dari Sukabumi atau Cianjur, jadi sama-sama pelat F. Karena mereka masuk di dalam aturan wilayah aglonerasi, jadinya kami putar balik,” tegasnya.

Sementara itu, Wakapolda Jawa Barat (Jabar), Brigjen Pol Eddy Sumitro mengakui, situasi di Kota Bogor sudah cenderung lancar. Sejauh ini, ia mencatat ada sekira 17 ribu kendaraan yang telah diperiksa personel kepolisian di Jabar. Sebanyak 5000 diantaranya telah diputar balik. Kendaraan-kendaraan itu yang berasal dari wilayah aglomerasi dan melintasi Jabar.

“Semua titik kita prioritaskan dan semua berpotensi, baik itu jalan tikus maupun jalan utama. Kita ada 17 ribu personel. Pokoknya tujuannya untuk menyelamatkan masyarakat dengan mencegah Covid-19,” tegasnya. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto
Editor: Alpin