25 radar bogor

All England Final Terwujud! Madrid Terbenam di Kandang Chelsea

Chlesea Liga Inggris
Chlesea pesta gol Liga Inggris
Chelsea melangkah ke final Liga Champions usai mengalahkan Real Madrid. (AP)

LONDON-RADAR BOGOR, Chelsea dengan pasti melangkah ke babak final Liga Champions, usai mengalahkan Real Madrid 2-0 di Stamford Bridge, Kamis (6/5/2021) hari ini. Sehingga agregat gol 3-1 mutlak menjadi milik The Blues.  

Zinedine Zidane sebenarya diuntungkan dengan kembalinya sejumlah pemain menjelang alga ini. Dia langsung memasang Eden Hazard di lini depan untuk menemani Karim Benzema dan Vinicius Junior.

Di lini belakang, Marcelo yang diturunkan pada laga pertama diistirahatkan. Zidane lebih memilih Ferland Mendy yang telah pulih dari cedera di sisi kiri pertahanan timnya. Sergio Ramos yang juga pulih dari cedera pun bermain sejak awal untuk menggantikan Raphael Varane yang mengalami cedera otot di kaki kanannya.

Sementara Chelsea tak melakukan banyak perubahan dalam susunan pemainnya. Pelatih Thomas Tuchel mempertahankan sebagian besar pemainnya yang turun pada laga pertama pekan lalu. Juru taktik asal Jerman itu hanya mengganti Christian Pulisic dengan Kai Havertz di lini depan.

Real Madrid mencoba mengepung pertahanan Chelsea pada awal pertandingan. Akan tetapi rapatnya pertahanan The Blues membuat Eden Hazard cs kesulitan masuk ke kotak penalti.

Keasyikan menyerang, gawang Real Madrid justru kebobolan apda menit ke-17. Chelsea berhasil mencetak gol melalui serangan balik cepat semenit berselang. Sayangnya wasit menganulir gol tersebut karena Timo Werner dianggap sudah dalam posisi offside saat menymbut umpan silang mendatar dari Ben Chillwell.

Pada menit ke-26, giliran Karim Benzema yang memberikan ancaman. Penyerang asal Prancis itu melepaskan tembakan dari tepi kotak penalti ke pojok kiri gawang Chelsea. Apes bagi Real Madrid, Mendy masih dapat menepis bola dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Dua menit berselang, Chelsea akhirnya benar-benar unggul. Menerima umpan dari N’Golo Kante, Kai Havertz sukses mencongkel bola melewati Courtois. Bola sempat mengenai mistar gawang namun langsung ditanduk oleh Timo Werner yang tak terkawal.

Pada awal babak kedua Chelsea justru tampil lebih agresif. Kai Havertz nyaris menggandakan keunggulan timnya dua menit babak kedua berjalan.

Menerima umpan silang dari Cesar Azpilicueta, Havertz memenangkan duel udara dan menyundul bola ke pojok kanan atas gawang Real Madrid. Sayangnya bola sundulan Havertz masih diselamatkan oleh mistar gawang meskipun Courtois tak mampu menjangkaunya.

Gawang Real Madrid kembali terancam pada menit ke-51. Kali ini Thiago Silva berhasil menyambut umpan tendangan bebas Chillwell. Akan tetapi sundulan bek asal Brasil itu masih sedikit melambung di atas mistar gawang Madrid.

Eksekusi kurang sempurna Mason Mount pada menit ke-53 pun gagal membuat Chelsea menggandakan keunggulan. Menerima umpan tumit dari Timo Werner, Mount berhasil merangsek ke kotak penalti Real Madrid. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Courtois, tendangan Mount melambung tinggi di atas gawang Madrid.

Peluang emas yang didapatkan Timo Werner pada menit ke-59 pun gagal membuahkan gol. Mendapatkan umpan panjang dari Jorginho, penyerang asal Jerman itu sebenarnya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Courtois, akan tetapi tendangannya masih terlalu mudah dibaca oleh mantan penjaga gawang Chelsea tersebut.

Pada menit ke-61 Zidane malakukan dua pergantian pemain. Dia menarik keluar Ferland Mendy dan Vinicius Junior untuk memasukkan Fede Valverde dan Marco Asensio.

Real Madrid akhirnya mendapatkan peluang pertamanya pada menit ke-64. Eden Hazard melepaskan tembakan dari sudut sempit kiri kotak penalti Chelsea. Akan tetapi tendangan Hazard masih dapat ditepis oleh Mendy dan hanya berbuah tendangan sudut.

Dua menit berselang Coutois kembali berjibaku untuk menyelamatkan gawangnya. Kali ini dia menggagalkan tembakan N’Golo Kante yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengannya.

Werner yang gagal memanfaatkan sejumlah peluang pun ditarik keluar pada menit ke-67. Tuchel memasukkan Christian Pulisic untuk memperkuat lini tengahnya.

Melihat Real Madrid yang terus tertekan, Zidane berupaya memperkuat daya gedor skuadnya dengan memasukkan Rodrygo Goes menggantikan Casemiro pada menit ke-75.

Pada menit ke-85, peluang Real Madrid untuk lolos ke babak final pupus. Mason Mount menambah keunggulan Chelsea setelah menerima umpan tarik dari Christian Pulisic. Dengan skor 2-0, Real Madrid mendapatkan misi nyaris mustahil, mencetak tiga gol dalam lima menit.

Berbagai upaya yang dilakukan Eden Hazard cs tak mampu membuat Los Blancos mengejar ketertinggalan. Zidane sempat memasukkan Mariano Diaz untuk menggantikan Eden Hazard pada dua menit menjelang waktu normal berakhir. Akan tetapi skor tetap bertahan 2-0.

Hasil 2-0 pada laga Chelsea vs Real Madrid itu membuat The Blues lolos ke partai final Liga Champions dengan kumulasi 3-1. Pada partai puncak mereka akan menghadapi Manchester City yang kemarin menyingkirkan PSG. (rur)