25 radar bogor

Siap-siap, Kabupaten Bogor Mulai Disekat

SIAGA : Pasukan gabungan sedang melakukan apel siaga, tadi siang. (Hendi/ RADAR BOGOR)

RADAR BOGOR – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, menggelar apel pasukan menyambut operasi ketupat 2021 di lapangan Tegar Beriman, Rabu (5/5).

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, apel kesiapsiagaan dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas jelang penyekatan arus mudik lebaran yang bakal berlangsung mulai Kamis 6 Mei 2021 hingga Senin 17 Mei 2021 mendatang.

“Untuk penyekatan jalan akan dimulai pada 6 hingga 17 Mei 2021 nanti, bertepatan dengan diberlakukan kebijakan larangan mudik pada Lebaran,” jelasnya

Selain itu, titik penyekatan bakal didirikan di sejumlah ruas jalan yang berbatasan langsung dengan daerah lain seperti Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang.

“Kalau memang poskonya kurang bisa kita tambah, lihat kebutuhan saja,” kata Iwan

Iwan menjelaskan, ada dua metode yang akan diterapkan pada pola pengawasan nantinya. Pola pertama, bagi masyarakat di wilayah Jadetabek dan kedua orang yang akan masuk Bogor.

“Bagi pemudik wilayah Jabodetabek yang diperbolehkan melakukan perjalanan pendek akan dilakukan pemeriksaan sertifikat vaksin dan surat keterangan negatif antigen.

Sedangkan pola kedua bagi pemudik di luar Jabodetabek yang sama sekali tidak diperkenankan melakukan perjalanan maka akan langsung diminta putar balik.

“Kita lihat dari pelat kendaraan, juga pemeriksaan KTP. Bila diketahui ingin mudik, kita langsung putar balik,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Harun menambahkan, anggota Polisi di semua titik terutama di wilayah Cileungsi lebih banyak karena berada di perbatasan.

“Total untuk Polri saja ada 1.158 tersebar di 9 titik termasuk pos pengamanan kurang lebih 8 pospol. Jadi kalau semuanya ada 1641 gabungan semua unsur,” kata Harun

Ia menegaskan, pihaknya pun akan ada rapid mobile kalau ada kerumunan. Bahkan, sudah dua travel gelap pun sudah diamankan di wilayah Gadog.

“Kalau ada masyarakat mudik dan positif langsung kita isolasi di Cipayung dan tempatnya angker. Makanya, jangan memaksakan untuk mudik,” ungkapnya. (nal/c)

Tujuh Titik Penyekatan Jalur Mudik 2021 di Kabupaten Bogor :

1. Check Point Cibinong, Sp. Pasar Cibinong (Batas Depok).
2. Check Point Cileungsi, Sp. Limus Nunggal (Batas Kota Bekasi).
3. Check Point Jonggol, Sp. Cibarusah (Batas Karawang).
4. Check Point Cisarua, Rindu Alam, Puncak Bogor (Batas Cianjur).
5. Check Point Parung, (Batas Sawangan).
6. Check Point Jasinga (Batas Tangerang).
7. Check Point Cigombong (Batas Kab. Sukabumi).
8. Check Point Simpang Gadog
9. Check Point Parungpanjang