25 radar bogor

Ditjen Vokasi Gandeng Sektor Swasta Implementasikan Link and Match

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto (Kemendikbud)
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto (Kemendikbud)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus melakukan langkah-langkah strategis, utamanya menggiatkan kerja sama satuan pendidikan vokasi yang melibatkan dunia usaha dan industri (DUDI).

Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi dengan PT Kawan Lama Sejahtera.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto menyebutkan bahwa upaya kerja sama ini perlu terus dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, terampil, dan kompeten sesuai dengan perkembangan zaman.

’’Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu adanya dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, di antaranya adalah pihak industri. Dengan adanya kerja sama ini, kualitas pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan lebih maksimal,’’ kata dia, Selasa (4/5/2021).

Wikan berharap dukungan untuk mewujudkan link and match dengan PT Kawan Lama Sejahtera ini mampu mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia melalui penyelarasan kurikulum dengan DUDI, peningkatan kompetensi, penyediaan pengajar tamu dari DUDI di satuan pendidikan vokasi, fasilitasi rekrutmen lulusan pendidikan vokasi serta fasilitasi pemberian beasiswa.

’’Saya selalu mengingatkan agar satuan pendidikan selalu mengoptimalkan jalinan kerja sama dengan industri guna terjadinya link and match sehingga lulusan pendidikan vokasi dapat menjawab tantangan yang ada di dunia industri,’’ jelas dia.

Wikan pun menjelaskan bahwa pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Super Tax Deduction melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 128 Tahun 2019 yang memberikan insentif dalam bentuk pemotongan pajak hingga 200 persen kepada industri yang mendukung pengembangan vokasi melalui praktik kerja, pemagangan, dan pembelajaran. (*)

Sumber: jawapos.com
Editor: Lucky