25 radar bogor

THR Sudah Cair, Kominfo: Belanja Daring Saja, Tidak Perlu ke Pasar

Warga memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).. Pasar Tanah Abang mulai dipadati warga untuk berbelanja berbagai kebutuhan menjelang lebaran. FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS
RAMAI : Warga memadati Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5/2021).      (FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

RADAR BOGOR – Pasar Tanah Abang menjadi sorotan lantaran dipadati pengunjung beberapa hari ini. Para pengunjung tampak berdesakan tanpa adanya jaga jarak untuk menghindari Covid-19.

Direktur Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Bambang Gunawan mengaku khawatir dengan terjadinya kerumunan di Pasar Tanah Abang dan di berbagai tempat lainnya.

Meskipun di sisi lain, pemerintah juga tengah menggenjot pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan meningkatkan konsumsi masyarakat.

Salah satu alternatif untuk menjaga konsumsi masyarakat tetap tinggi tanpa harus berkerumun adalah belanja secara daring. Gunawan mengimbau agar masyarakat di tengah situasi penularan pandemi Covid-19 yang masih tinggi, untuk menghindari kerumunan seperti pasar, diganti dengan berbelanja secara online.

“Meskipun THR sudah cair dan berbelanja jelang lebaran adalah tradisi tiap tahun, namun penularan Covid-19 juga masih mengkhawatirkan. Solusinya, tidak usah ke pasar, cukup berbelanja menggunakan teknologi saja, semua sudah tersedia sekarang di marketplace,” ujar Gunawan dalam keterangannya, Selasa (4/5).

Gunawan mengingatkan penularan Covid-19 yang masif terjadi di India. Apabila warga tetap berkerumun di pusat-pusat perbelanjaan, tanpa menjalankan prokes yang ketat maka bisa saja Indonesia seperti India.

Kebijakan larangan mudik dari pemerintah, kata Gunawan sebaiknya juga dipatuhi masyarakat dengan tidak berbondong-bondong ke pusat-pusat perbelanjaan.

“Meskipun dilarang mudik, bukan berarti dilampiaskan dengan ramai-ramai datang ke pasar. Justru itu sama berbahayanya. Sebaiknya kita bijak, memilih diam di rumah, menghabiskan THR bisa dengan belanja daring, tanpa harus berdesak-desakan di pasar,” ungkapnya.

Diketahui, Pasar Tanah Abang makin ramai dikunjungi masyarakat bahkan terjadi kerumunan besar. Sejak Jumat (30/4) hingga Minggu (2/5), pasar yang berada di Jakarta Pusat tersebut diserbu pengunjung jelang lebaran 2021.

Meski sebagian besar mengenakan masker, para pengunjung terpantau rela berbelanja sambil berdesak-desakan tanpa jaga jarak di Blok A, Blok B, dan Blok F. Mereka tidak mempedulikan aturan jaga jarak meski pandemi Covid-19 masih bergejolak.

Adapun pada Jumat (30/4) jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang tercatat 35 ribu orang. Kemudian Sabtu (1/5) pengunjung menyentuh angka 87 ribu orang. Selanjutnya pada Minggu (2/5) angka mencapai 100 ribu orang. (jpc)