Beranda Radar Ramadan Lensa Ramadan FKIP Unpak Mengabdi Untuk Berbagi

FKIP Unpak Mengabdi Untuk Berbagi

Pemberian santunan FKIP Unpak. (IST)

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan (FKIP Unpak) berkunjung ke panti asuhan Alqi Ceria, Senin  (3/5/2021) kemarin.

Tujuannya untuk berbagi dan silaturahmi dengan  para penghuni panti yang dikelola oleh Maya.

Dekan FKIP Unpak, Entis Sutisna memotivasi  bagaimana mencari kebahagian menurut Al-Qur’an.  “Minimal  ada enam cara untuk memperoleh kebahagian hidup. Pertama harus  yakin bahwa di balik kesulitan pasti ada kemudahan. Kedua, kita harus syukur  nikmat yang diberikan,  Ketiga, selalu memberikan maaf kepada  orang lain jika melakukan kesalahan,” ujarnya.

“Keempat  tidak buruk sangka. Kelima, tidak  marah-marah ketika menghadapi masalah. Keenam, tidak mencintai dunia berlebihan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, tidak ada orang yang bebas dari kebahagiaan. Juga tidak ada orang yang luput dari penderitaan.  “Jadi apa yang membedakan setiap orang ketika berada dalam kesedihan dan kebahagiaan?
Hanya satu yang membedakannya, yaitu
Kita tidak boleh larut dalam kesedihan ketika berada duka dan kita tidak boleh lupa diri  ketika berada dalam bahagia,” tuturnya.

Entis pun mencontohkan sosok Rizal Ramli. Mantan  menteri perekonomian ini adalah  seorang yatim piatu. Kesuksesan seseorang tidak ditentukan oleh ada atau tidak orang tua. Kesuksesan itu seutuhnya bergantung pada diri sendiri.

“Beliau mengajarkan agar selalu menjadi orang-orang khlas saat dihadapkan pada cobaan dan berayukur dilimpahi keberkahan. Kita  harus tegar dalam menghadapi  segala rintangan, agar dapat memperoleh kemenangan dan kebahagiaan,” tukasnya. (*)

Editor : Muhammad Ruri Ariatullah