25 radar bogor

Disebut Kelompok Teroris, Begini Respons Balasan KKB Papua

KKB Papua
Ilustrasi.
ILUSTRASI: Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TNPPB) Papua. (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Keputusan pemerintah yang menetapkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) sebagai teroris tak diterima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Sebagai ‘serangan balik’ TPNPB-OPM sedang mengumpulkan data kasus ‘terorisme’ yang dilakukan pemerintah Indonesia di Papua dan ini saat ini sedang dikaji.

Kendati demikian, mereka tak membeberkan kasus apa saja yang bisa dikategorikan sebagai kasus terorisme oleh pemerintah Indonesia. “Kami punya ahli soal itu,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom dalam keterangannya, Senin (3/5).

Setelah semua data terkumpul, maka kasusnya akan diajukan ke mekanisme hukum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Terkait pelabelan teroris, ia menyatakan pemerintah Indonesia telah melakukan kesalahan. “Jangan salah menggunakan definisi,” ujarnya seperti dikutip PojokSatu (Jawa Pos Group).

Bahkan, TPNPB-OPM meyakini semua negara akan berbeda pendapat dengan Indonesia terkait pelabelan teroris. “Kami ini organisasi perjuangan kemerdekaan. Secara hukum jalan dan perlawanan terhadap pasukan teroris dari Indonesia akan terus dilakukan,” kata dia.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin