25 radar bogor

Himpunan Mahasiswa Pariwisata IBI Kesatuan Umumkan Lima Pemenang Lomba Fotografi

BANGGA : Para pemenang berfoto bersama. (Dede/ RADAR BOGOR)

RADAR BOGOR – Himpunan Mahasiswa Pariwisata IBI Kesatuan Bogor menyelenggarakan lomba fotografi bertema Pariwisata Bogor.

Setelah melalui tahapan, dan seleksi ketat dari tim juri akhirnya keluar lima nama pemenang. Mereka menerima penghargaan serta hadiah dari IBI Kesatuan Bogor, di Ini Cafe, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (1/5/21/2021).

Ketua program studi pariwisata S1 IBI Kesatuan Bogor, Bambang Hengky Rainanto mengatakan, lomba fotografi ini adalah salah satu upaya IBI Kesatuan Bogor dalam mempromosikan objek wisata yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor, di tengah pandemi Covid-19.

Dengan kegiatan lomba fotografi ini, diharapkan bisa memperkenalkan potensi wisata kepada masyarakat luas, dan tentunya bisa menghidupkan kembali gairah ekonomi khususnya di sektor pariwisata.

“Melalui objek visual foto diharapkan bisa menjadi promosi yang paling efektif ,” harapnya.

Bambang menjelaskan, potensi wisata di Bogor cukup banyak, dan beberapa diantaranya bahkan setaara dengan pariwisata di daerah lain yang sudah terkenal.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi pemancing wisatawan untuk datang berwisata.

Semenatara itu, Dekan Fakultas Informatika dan Pariwisata IBI Kesatuan Bogor, Jan Horas V. Purba menyampaikan, lomba fotografi mengambil tema yang tak lepas dari kondisi pariwisata saat ini yang paling terdampak di masa covid-19.

“Kita ingin memberikan kontribusi positif pada Kota dan Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut suatu awal yang sangat baik. Pariwisata di Bogor itu jumlahnya puluhan. Selain itu, komunitas fotografinya juga banyak.

Dengan mengkaitkan dua hal itu, diharapkan pariwisata di Bogor bisa tumbuh kembali.

Di tempat yang sama, Ketua pelaksana kegiatan, Siti Yasmin Salsabila Sunantoputri menjelaskan, lomba ini terbuka untuk umum baik kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum dan tidak dipungut biaya.

Ini adalah kali pertama himpunan mahasiswa pariwisata IBI Kesatuan Bogor menggelar lomba fotografi yang mengangkat tajuk Exploring the Wonderful Buitenzorg.

Lomba ini, dibuka dari tanggal 25 Maret sampai 17 April. Kemudian tanggal 18-22 April sesi penjurian dan di tanggal 23 April pengumuman lima besar di instagram HIMA pariwisata IBI Kesatuan.

Tema lomba yang diusung itu “Pariwisata Bogor” yakni yang menggambarkan tempat wisata, budaya, kuliner, UMKM, dan tempat-tempat ikonik yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor. Ada puluhan peserta yang ikut dalam lomba fotografi ini.

“Tujuan dari lomba ini adalah mengembangkan jiwa kepariwisataan pada generasi muda agar mereka lebih peka terhadap pentingnya bidang pariwisata di Indonesia,” paparnya.

Penyerahan penghargaan turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan IBI Kesatuan Bogor, Nusa Muktiadji, Dekan Fakultas Informatika dan Pariwisata IBI Kesatuan Bogor, Jan Horas V. Purba, Ketua program studi pariwisata S1 IBI Kesatuan Bogor, Bambang Hengky Rainanto, dan Kasi Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Winda Fitriyanti.(ded/c)