25 radar bogor

Hari Terakhir Ganjil-Genap, 3.076 Kendaraan Diputar Balik

TEGAS : Petugas mengalihkan kendaraan di sekitar Tugu Kujang, Minggu (2/5). (Imam Rahmanto/ RADAR BOGOR)

RADAR BOGOR – Kebijakan Ganjil-Genap di Kota Bogor telah berakhir, Minggu (2/5). Sebanyak 3.076 kendaraan berhasil diputar balik dalam rentang dua jam.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menerangkan, jumlah itu merangkum untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Secara rinci, ia menyebutkan sebanyak 1.618 motor yang terpaksa putar balik. Sementara, mobil ada sebanyak 1.458 unit.

“Totalnya terhitung dari lima pos sekat Ganjil-Genap, yang tersebar diantaranya simpang Tugu Kujang, Simpang Empang, Simpang Muslihat, Simpang Denpom, dan Simpang Siloam,” rincinya, saat dikonfirmasi Radar Bogor.

Mobil paling banyak diputar balik di Simpang Tugu Kujang. Totalnya mencapai 710 mobil. Itu lantaran lokasi tersebut merupakan salah satu pintu keluar strategis dari Tol Jagorawi di Kota Bogor.

Seperti diketahui, kabijakan Ganjil-Genap itu hanya berlaku selama dua jam, dimulai pukul 15.30 WIB. Penerapannya hanya menyasar ruas jalan di sekeliling Kebun Raya Bogor atau Sistem Satu Arah (SSA).

Beberapa pos telah disiapkan untuk memutar kendaraan yang tak sesuai pelat nomor ganjil atau genap. Sejumlah petugas gabungan dari TNI Polri, Satpol PP, dan Dishub Kota Bogor dikerahkan di setiap pos. Polresta Bogor Kota juga mengerahkan kendaraan secara mobile untuk mengumumkan aturan selama dua jam itu. (mam/c)