25 radar bogor

Ganjil-Genap Berakhir, Kapolresta: Masyarakat Sudah Lebih Mengerti

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menjelaskan terkait pemberlakukan ganjil genap yang bakal diberlakukan sore ini. Foto Humas Pemkot Bogor
Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro.

RADAR BOGOR – Kendaraan-kendaraan berpelat ganjil diputar balik di sekitar Tugu Kujang, Kota Bogor. Aturan ganjil-genap tersebut telah berakhir, Minggu hari ini (2/5).

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengakui, ratusan kendaraan yang memasuki area Sistem Satu Arah (SSA) terus dipangkas.

Jumlahnya mencapai ribuan kendaraan. Hal itu terlihat dari beberapa kendaraan yang memutar arah tepat di depan Botani Square.

“Kami mengevaluasi umumnya masyarakat jauh lebih mengerti bahwa sedang berlaku aturan Ganjil Genap di sepanjang SSA.

Namun, memang di titik sekat-sekat checkpoint yang kami lakukan terdapat kepadatan-kepadatan,” tuturnya, yang ditemui di sela-sela memantau Ganjil-Genap.

Menurutnya, kepadatan itu tergolong wajar dan normal. Lantaran keramaian kendaraan sudah terlihat sejak pagi hingga siang. Masyarakat tetap beraktivitas menuju pusat kota dan tempat-tempat perbelanjaan. Kondisi itu yang menyumbangkan kepadatan di jalan.

“Kami juga berusaha untuk melakukan pembatasan mobilitas tersebut. Termasuk tadi salah satu mal, kami lakukan penutupan akses untuk sementara waktu dengan cara pengunjung bergantian masuk dengan yang ada di dalam,” paparnya.

Ia berharap, penerapan Ganjil-Genap itu semakin menyadarkan masyarakat bahwa pandemi masih ada. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tudak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. (mam/c)