25 radar bogor

Warga Jabodetabek yang Mau Piknik Lebaran di Bogor Timur, Wajib Baca!

Tempat wisata di wilayah timur Kabupaten Bogor.
Tempat wisata di wilayah timur Kabupaten Bogor.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Pada periode libur lebaran 1442 Hijriyah tanggal 6-17 Mei 2021, Kabupaten Bogor masuk dalam wilayah aglomerasi Jabodetabek yang dikecualikan dalam larangan pergerakan manusia.

Bagi warga yang berdomisili di wilayah aglomerasi, dapat melakukan perjalanan mudik lokal atau melakukan perjalanan antarkota/kabupaten yang saling terhubung.

Selain itu, mereka juga diperbolehkan untuk melakukan wisata atau piknik. Dengan catatan masih di dalam aglomerasi. Namun dengan sejumlah persyaratan. Diantaranya membawa hasil negatif Rapid Test anti gen.

“Iya, walau di wilayah aglomerasi Jabodetabek, tetap wajib surat Rapid Test antigen,”ujar Kapolres Bogor AKBP Harun kepada radarbogor.id Jumat (30/4/2021).

Harun menegaskan, selama larangan mudik lebaran 1442 hijriyah ini petugas polisi akan disebar di sejumlah lokasi wisata. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan. Selain itu penjagaan ketat juga dilakukan.

“Tempat wisata, kita jaga ketat,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Cileungsi Kompol Andri Alam mengatakan selain melakukan penyekatan pemudik, dirinya juga melakukan penyekatan terhadap warga Jabodetabek yang akan berwisata di kawasan Bogor timur.

“Kita akan periksa surat Rapid Test antigen, jika tidak membawa kita putar balikkan,” tutur pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Narkoba polres Bogor itu.

Untuk destinasi wisata di Wilayah Bogor timur, radarbogor.id mencatat sedikitnya ada delapan. Lokasi wisata ini paling favorit disambangi oleh para wisatawan Jabodetabek.

Pertama ada Vila khayangan, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Wisata yang mampu menampung ribuan wisatawan ini diprediksi bakal menjadi destinasi wisata paling ramai saat libur lebaran 1442 Hijriah.

Wisata ini menawarkan wisata panorama juga menyediakan vila dan kamar untuk menginap. Selain itu ada wahana Waterboom yang menjadi favorit anak-anak.

Kemudian ada Curug Cipamingkis, Sukamakmur. Lokasinya berhadapan dengan Vila Kahyangan. Wisata alam ini juga diprediksi bakal menjadi lokasi favorit libur lebaran ditengah larangan mudik lebaran 1442 ini. Wisata ini menawarkan keindahan Curug Cipamingkis juga vila dan tenda camping.

Kemudian ada kafe Ki Demang, Gunung Batu, Sukamakmur. Wisata kuliner di bawah kaki gunung batu Sukamakmur. Wisata ini juga diprediksi akan dipenuhi wisatawan Jabodetabek.

Kemudian ada Wisata Rawa Gede, Sukamakmur lokasinya tak jauh dari Curug Cipamingkis. Wisata ini menjadi alternatif wisata alam di Sukamakmur. Juga ada Curug Ciherang, Sukamakmur yang berada sebelum lokasi wisata Vila khayangan.

Kemudian ada Wana wisata penangkaran rusa giri jaya, tanjungsari, Kabupaten Bogor dan taman wisata mekar sari di Cileungsi.

Serta destinasi Wisata yang tengah naik daun yakni, Green canyon Cariu.

Reporter: Arifal
Editor: Rany P Sinaga