25 radar bogor

Kalahkan Apple, Samsung Masih Rajanya Ponsel Dunia

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Dok. Samsung)
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Dok. Samsung)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Samsung masih menjadi raja ponsel global sepanjang kuartal pertama 2021. Sementara Huawei harus terdepak dari jajaran 5 besar vendor penguasa pasar ponsel dunia.
Demikian laporan perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC). Samsung berhasil mengapalkan 75,3 juta ponsel keseluruh dunia, naik 28,8% dari periode yang sama tahun lalu.

Di kuartal pertama 2020, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mengapalkan 58,4 juta. Dengan pencapaiannya saat ini, Samsung punya market share 21,8%.

Di posisi kedua ada Apple. iPhone 12 sepertinya membawa berkah pada perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook ini.

Sebab sebanyak 55,2 juta unit ponsel dikapalkan sepanjang Januari hingga Maret 2021. Naik 50,4% dari tahun sebelumnya, yakni 36,7 juta unit. Ini membuat Apple menguasai 16% pangsa pasar.

Xiaomi menduduki posisi ketiga. Mereka berhasil mengapalkan 48,6 juta unit ponsel ke seluruh dunia.

Pada periode yang sama tahun lalu, perusahaan besutan Lei Jun itu mengirimkan 29,5 juta ponsel saja. Artinya ada kenaikan 64,8%, ini membuat Xiaomi punya market share sebesar 14,1%.

Peningkatan yang tidak kalah besar dialami Oppo. Sebanyak 37,5 juta perangkat mereka kapalkan sepanjang kuartal pertama 2021.

Angka tersebut naik 64,5% dari periode sebelumnya, yaitu 22,8 juta unit. Kini Oppo punya pangsa pasar 10,8%.

Sebagai juru kunci ada Vivo dengan market share 10,1%. Ini berkat keberhasilan mereka mengapalkan 34,9 juta ponsel ke seluruh dunia.

Pada periode Januari hingga Maret tahun lalu, mereka hanya mengapalkan 24,8 juta ponsel. Bila dikalkulasi, kenaikan yang terjadi mencapai 40,7%.

“Ketiga vendor (Xiaomi, Oppo dan Vivo) meningkatkan fokus mereka di pasar internasional di mana Huawei telah mengembangkan pangsa pasarnya dalam beberapa tahun terakhir. Di segmen harga rendah hingga menengah, vendor inilah yang paling diuntungkan dari penurunan Huawei, sementara sebagian pasar kelas atas jatuh ke tangan Apple dan Samsung,” kata IDC.

Bicara keseluruhan, IDC mencatat pengiriman ponsel sepanjang kuartal pertama 2021 mencapai 345,5 juta perangkat. Sepertinya pasar telah kembali pulih setelah dihantam pandemi.

Sebab periode yang sama tahun lalu, jumlah ponsel yang dikapalkan hanya 275,2 juta unit saja. Ini artinya ada kenaikan 25,5%. Semoga saja tren ini bisa berlanjut mengingat salah satu pasar utama, yakni India, tengah dilanda tsunami COVID-19.

Editor: Rany P Sinaga
Sumber: detikinet