25 radar bogor

Musisi Senior Neneng Salmiah Meninggal Akibat Penyakit Stroke

Neneng Salmiah semasa hidup. Neneng Salmiah meninggal dunia pada Rabu (28/4) di usia 76 tahun. (Instagram Stanley Tulung)
Neneng Salmiah semasa hidup. Neneng Salmiah meninggal dunia pada Rabu (28/4) di usia 76 tahun. (Instagram Stanley Tulung)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kabar duka datang dari insan musik tanah air. Musisi senior Neneng Salmiah meninggal dunia pada Rabu (28/4/2021) di usia 76 tahun. Kabar duka tersebut diungkapkan oleh pengamat musik Stanley Tulung.

Neneng meninggal Rabu (28/4/2021) pagi setelah mengidap penyakit stroke cukup lama. Menurut Stanley Tulung, kondisi Neneng beberapa waktu belakangan memang sudah drop.

“Belakangan sudah drop karena stroke menahun. Tadi (meninggalnya) di Rumah Sakit Siloam Lebak Bulus sekitar jam 04. 11,” kata Stanley Tulung kepada JawaPos.com Rabu (28/4/2021).

Kini jenazah Neneng Salmiah berada di rumah duka yang terletak di Jalan MPR I No. 9, Cilandak, Jakarta Selatan. Rencananya jenazahnya akan dimakamkan Rabu (28/4) siang ini di TPU Jeruk Purut Jakarta Selatan.

Stanley Tulung mengungkapkan Neneng Salmiah merupakan penyanyi dari grup musik The Singers era 1960-an. Di grup musik ini dia menjadi leader, penyanyi dan rhythm gitar. Neneng juga adalah ibunda dari Andrey Chilling, seorang drummer dan disc jockey (DJ).

Kabar meningalnya Neneng Salmiah diketahui publik dari postingan Stanley Tulung di media sosialnya. Mengunggah sejumlah foto almarhumah sendiri dan bersama, dia mengungkapkan kabar duka. Stanley Tulung dalam unggahannya meminta dibukakan pintu maaf atas segala kesalahan Neneng selama hidup di dunia.

“Semoga diberikan ketenangan menuju keabadian. Amin. Selamat jalan senior,” demikian penggalan pesan yang diunggah Stanley Tulung di Instagram.

Sekadar informasi, The Singers terbentuk pada tahun 1967 dengan personel Neneng Salmiah ( leader, rhythm, vokal), Tuty Thaher (bas, vokal), Sally Sardjan (organ, vokal), Henny Purwanegara (drum, vokal), Shinta Dungga (rhythm, vokal), dan Uun Syarbini (melodi). Grup ini mengusung perpaduan musik latin dan sweet pop. Keberadaannya di industri mampu menyedot perhatian para penikmat musik tanah air pada masanya. Dia bersaing dengan grup band wanita lainnya yaitu Dara Puspita, Monalisa, Miscellina, dan The Beach Girls.

Dalam perjalanannya, The Singers sempat diwarnai bongkar pasang personel karena ada anggota yang memutuskan hangkang. Namun di tahun 1992 grup ini comeback dengan formasi personel pertama. Sekitar tahun 1995, Uun Syarbini meninggal akibat kanker rahim. Kendati tanpa Uun, band ini tetap aktif mengisi sejumlah acara hiburan seperti Melody Menari, Tembang Kenangan, dan Famili 100.

Selama berkarir, The Singers memiliki sejumlah album. Diantaranya album bertajuk Marina, Jali-Jali, Penuh Noda, Luka Hatiku, Derita Seorang Wanita, Paduan Cinta, Ditinggal Pergi, dan Kau Curi Hatiku. (*)

Sumber: jawapos.com
Editor: Lucky