25 radar bogor

Catat, Kemenag Sebut Besaran Zakat Fitra Beda-Beda Tiap Daerah

Ilustrasi zakat firah
Ilustrasi zakat firah

RADAR BOGOR – Kementerian Agama (Kemenag) banyak menerima pertanyaan soal besaran zakat fitrah ketika dibayar dengan uang tunai.

Sebab di setiap daerah, besaran zakat fitrah dengan uang nominalnya berbeda-beda. Mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per orang.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nasar mengatakan sejumlah daerah telah menetapkan besaran nominal uang untuk pembayaran zakat fitrah.

Dia mengakui bahwa besaran uang pengganti beras berbeda-beda mengikuti standar harga di daerah masing-masing.

’’Berdasarkan ketentuan yang telah disepakati di tanah air, zakat fitrah yang wajib dikeluarkan sebesar 2,5 kg atau 3,5 liter beras atau makanan pokok di suatu daerah tertentu,’’ katanya kemarin (27/8).

Fuad menegaskan zakat fitrah dibayarkan sesuai dengan jenis makanan pokok yang dikonsumsi. Sehingga di setiap daerah juga bisa berbeda-beda.

Fuad juga mengatakan Kemenag selama ini tidak membuat kebijakan besaran nilai tunai zakat fitrah secara nasional.

Menurut dia masing-masing daerah memiliki kewenangan untuk menetapkan nominal uang tunai untuk zakat fitrah. Dia menekankan yang terpenting dari zakat fitrah adalah tidak ada pemisahan antara ibadah ubudiyah dengan ibadah sosial.

Di sejumlah aplikasi e-commerce yang melayani pembayaran zakat fitrah, besarannya berbeda-beda juga. Contohnya di Tokopedia dipatok Rp 45 ribu/orang.

Sedangkan di Bukalapak ditetapkan rata-rata harga beras Rp 16 ribu/kg sehingga zakat fitrahnya Rp 40 ribu/orang.

Sementara itu sejumlah jaringan Baznas di daerah juga sudah menetapkan besaran uang untuk zakat fitrah. Seperti Baznas Kota dan Kabupaten Tangerang menetapkan Rp 35 ribu/orang. Sementara itu Baznas Garut menetapkan Rp 30 ribu/orang. Sedangkan di DKI Jakarta dan sekitarnya dipatok Baznas pusat sebesar Rp 40 ribu/orang.

Sesuai dengan namanya, zakat fitrah tujuannya untuk menyucikan diri sehingga kembali fitrah. Batas akhir pembayaran zakat fitrah adalah sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. (wan)