25 radar bogor

Sekjen Persepi: Opini Publik Tak Bisa Jadi Ukuran Kinerja Menteri

Menteri Kabinet Indonesia Maju
Menteri Kabinet Indonesia Maju
Menteri Kabinet Indonesia Maju
Menteri Kabinet Indonesia Maju

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sekeretaris Jenderal (Sekjen) Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) Djayadi Hanan menilai, survei opini publik tak bisa dijadikan ukuran mutlak kinerja kementerian. Sebab, opini publik muncul hanya berdasarkan popularitas.

“Opini publik hanya salah satu cara, dan harus digabung dengan yang lain. Seperti kinerja spesifik dari tugas pokok dan fungsi kementerian, yang menilai harus memahami kierja menteri tersebut,” kata Djayadi kepada wartawan , Kamis, (22/4/2021).

Djayadi mengatakan salah satu cara mengevalusi kinerja menteri bisa dengan bertanya kepada publik. Ukurannya seperti dari tingkat kepuasan publik terhadap kinerja menteri. Hal itu bisa juga digunakan sebagai alat Presiden sebelum melakukan refshuffle.

Namun dia menekan, tak semua menteri kerap muncul di media massa dan di masyarakat. Sehingga ukuran tingkat kepuasan dari berdasarkan opini publik itu tidak bisa disimpulkan bahwa kinerjanya paling bagus.

“Kalau menteri-menteri itu melakukan komunikasi publik dengan baik, apa yang dikerjakannya potensial diketahui lebih banyak oleh masyarakat,” ujarnya.

Djayadi mencontohkan, sejumlah kementerian seperti Menteri Perindustrian atau Menteri Perdagangan yang pekerjaannya dan lingkupnya sangat teknis dan jarang muncul di media. Maka itu opini publik tak sepenuhnya menjadi ukuran kinerja kementerian.

Dia menambahkan ukuran kinerja kementerian bisa diukur dari tugas pokok dan fungsinya, penilaian Presiden, ahli, pemangku kepentingan yang berhubungan dengan kinerja kementerian tersebut.

“Tapi bukan berarti penilaian opini publik itu tidak penting, cuman kalau dijadikan satunya ukurun itu yang kurang tepat,” kata Djayadi. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep