Beranda Metropolis Pasar Kebon Kembang dan Sukasari Terapkan Sistem Pembayaran Non Tunai

Pasar Kebon Kembang dan Sukasari Terapkan Sistem Pembayaran Non Tunai

Ilustrasi non tunai
Ilustrasi non tunai

BOGOR – RADAR BOGOR, Pasar di Kota Bogor terus didorong untuk lebih modern. Pembayaran non tunai, segera diberlakukan di semua tempat.

Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), mencoba menerapkan metode itu di beberapa pasar. “Kami uji di Pasar Kebon Kembang dan Sukasari,” ujar Direktur Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Muzakkir kepada Radar Bogor, kemarin.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejumlah pedagang telah menerapkan pembayaran non tunai. “Kami akan terapkan itu (cashless) dan launching bersamaan dengan Blok F (Pasar Kebon Kembang). Ini lagi persiapan,” ungkapnya.

universitas ibn khaldun bogor uika

Muzakkir menjelaskan, sistem tersebut dijalankan demi memudahkan pengunjung pasar yakni cukup dengan membawa smartphone dan scan. “Tak perlu bolak-balik ke ATM mengambil uang tunai lagi,” ucap mantan Ketua Hipmi Kota Bogor tersebut.

Ia menambahkan, pembayaran non tunai akan menyasar semua pasar. Tak terkecuali, Pasar TU Kemang kendati saat ini masih belum sepenuhnya dikelola Perumda PPJ.

Perumda PPJ juga mengaplikasikan transaksi tersebut di pusat kuliner Teras Surken. “Kami juga akan memperluas penggunaan teknologi untuk pasar-pasar modern,” katanya.

Namun, Muzakkir menegaskan, pembayaran dengan menggunakan tunai masih berlaku.

“Kita tak bisa langsung menghilangkan semuanya (pembayaran tunai). Butuh edukasi bertahap juga ke masyarakat, baik penjual maupun pembeli,” pungkasnya. (mam/c)

Reporter : Imam Rahmanto
Editor : Yosep