Beranda Ekonomi Sri Mulyani: Insentif PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil Naik 72 Persen

Sri Mulyani: Insentif PPnBM Dongkrak Penjualan Mobil Naik 72 Persen

Ilustrasi Menkeu Sri Mulyani (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan, insentif diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) berhasil mendorong minat masyarakat untuk membeli mobil. Hal itu tercermin dari angka penjualan mobil secara umum yang meningkat tajam pada Maret 2021 sebesar 72,6 persen dibandingkan Februari 2021 karena.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, dibandingkan tahun sebelumnya, angka ini tumbuh sebesar sebesar 10,5 persen. Harapannya, peningkatan di sektor otomotif dapat menjadi pengungkit perekonomian nasional.

“Penjualan kendaraan bermotor meningkat tajam di bulan Maret. Ini adalah respons terhadap stimulus yang diberikan pemerintah dalam bentuk PPnBM,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/4/2020).

universitas ibn khaldun bogor uika

Menurutnya, kenaikan angka penjualan mobil diharapkan dapat mendorong konsumsi kelas menengah atas yang selama ini tertahan karena pandemi Covid-19. “Kita berharap ini akan mendukung kontribusi pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Pemerintah memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil segmen sedan dan 4×2 dengan kapasitas silinder mesin di bawah 1500 cc sejak Maret 2021.

Sri Mulyani memaparkan, peningkatan penjualan terjadi pada mobil niaga dan mobil penumpang. Penjualan mobil pada Maret 2021 mendekati angka rata-rata pada 2019 dan diperkirakan tinggi di kuartal berikutnya. Penjualan mobil 4×2 pada Maret yang sebagian besar merupakan objek fasilitas PPnBM-DTP tumbuh 121,2 persen dibandingkan Februari. (*)

Sumber: jawapos.com
Editor: Yosep