Beranda Ekonomi Respons Jokowi Dicurhati Petani Soal Susahnya Dapat Pupuk Bersubsidi

Respons Jokowi Dicurhati Petani Soal Susahnya Dapat Pupuk Bersubsidi

Presiden Jokowi saat meninjau lahan pertanian (FOTO : AGUS SUPARTO/SETPRES)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, dirinya sempat berbincang dengan para petani pada kunjungannya untuk melihat langsung proses panen beras di Desa Wanasari, Indramayu, Jawa Barat.

“Pertama hasil panen bagus, bisa capai 8 ton. Kedua, harga gabah juga sudah naik Rp 4.200,” ujarnya secara virtual, Rabu (21/4/2021).

Jokowi mengatakan, dalam kunjungannya tersebut para petani menyampaikan keluhannya terhadap beberapa hal. Pertama, terkait ketersediaan pupuk bersubsidi. Salah satunya, pupuk subsidi sering hilang. Hal ini menjadi masukan yang baik untuk pemerintah.

universitas ibn khaldun bogor uika

“Pupuk subsidi terutama, yang masih sering hilang pupuknya, sulit dicari,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, para petani juga mengeluhkan terkait sulitnya mencari tenaga kerja saat masa panen. Apalagi, jika masa panen berlangsung bersamaan. Sehingga, para petani meminta mesin pemanen kombinasi.

“Tadi sudah saya iyakan, termasuk traktor dan juga pompa. Semoga ini segera kita kirim,” ungkapnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah terus berupaya meningkatkan pertanian nasional agar menghasilkan produksi yang berkualitas demi ketahanan pangan Indonesia.

“Kita ingin terus membangun sebuah pertanian yang semakin baik produksinya dan kita harapkan akan menjadi sebuah ketahanan pangan bagi Indonesia,” pungkasnya. (*)

Sumber: jawapos.com
Editor: Yosep