25 radar bogor

Enam Klub Premier League Mundur, Liga Super Eropa Diambang Kematian

Suporter Chelsea memprotes kelahiran Liga Super Eropa di luar Stamford Bridge, London (21/14). (Adrian Dennis/AFP)
Suporter Chelsea memprotes kelahiran Liga Super Eropa di luar Stamford Bridge, London (21/14). (Adrian Dennis/AFP)

INGGRIS-RADAR BOGOR, Liga Super Eropa hampir dipastikan mati sebelum sempat memainkan satupun pertandingan. Ini disebabkan, enam tim Premier League kompak untuk mundur dari liga tandingan tersebut.

Manchester City menjadi tim pertama yang mundur. Chelsea, Liverpool, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Arsenal akhirnya juga ikut-ikutan mundur.

Keputusan ini hanya berlangsung beberapa jam setelah organisasi sepak bola Inggris alias FA mengancam akan menghukum tim manapun yang terlibat dalam Liga Super Eropa.

FA memperingatkan bahwa klub yang nekad untuk mengikuti liga tersebut, akan diharamkan bertanding pada kompetisi lokal.

Chelsea memutuskan untuk mundur akibat tekanan fans yang sangat intens di luar Stamford Bridge. Sedangkan Liverpool keluar akibat desakan keras dari dua sosok kunci di dalam internal tim.

Kapten Liverpool Jordan Henderson mewakili seluruh pemain mengatakan bahwa pihaknya tidak menginginkan liga ini terjadi. “Secara kolektif, posisi kami menolak liga ini,” ucap Henderson seperti dikutip dari The Guardian.

Sedangkan satu sosok lain Liverpool yang bersuara lantang menentang Liga Super Eropa adalah direktur non-eksekutif sekaligus salah seorang legenda terbesar Liverpool Kenny Dalglish. King Kenny mengatakan bahwa para pemilik Liverpool kali ini harus melakukan tindakan yang benar.

Salah satu sponsor Liverpool yakni Tribus (produk jam tangan mewah Swiss) juga memberikan tekanan. Mereka mengancam akan menarik dukungannya andai Liverpool memaksakan diri mengikuti Liga Super Eropa.

Sebelumnya, tim sekota Liverpool, Everton, mengeluarkan kecaman publik yang sangat keras kepada enam klub Premier League tersebut. Pemilik Everton Farhad Moshiri mengatakan bahwa mereka adalah kelompok yang arogan, egois, dan melakukan tindakan yang subversif.

“Enam klub itu menikam jantung Premier League. Dan saya kira, mereka harus diberikan sanksi,” ucap Moshiri dalam keterangan resminya. (*)

Sumber: jawapos.com
Editor: Yosep