Beranda Berita Utama Pentingnya Konsumsi Air Selama Puasa di Bulan Ramadan

Pentingnya Konsumsi Air Selama Puasa di Bulan Ramadan

ILUSTRASI. Tidak hanya kecukupan air minum, namun kualitas perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan anak. (Medical News Today)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Di bulan Ramadan tahun ini, masyarakat masih didampingi bersama pandemi Covid-19. Jadi, perhatian lebih pada kondisi kesehatan tubuh menjadi penting yang juga harus diiringi dengan konsumsi yang sehat.

Khususnya terkait dengan cairan tubuh, untuk diketahui bahwa tubuh manusia 80 persen adalah air. Menurut penelitian juga, jika 1 sampai 2 persen kadar cairan berkurang, maka tingkat kemampuan kognitif juga menurun.

“Penelitian menunjukkan hanya 1-2 persen cairan tubuh hilang saja, daya ingat itu menurun, mudah cemas, konsentrasi turun, mudah mengantuk karena dehidrasi,” ungkap Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Diana Sunardi dalam diskusi daring Aqua Ramadan Talkshow, Selasa (20/4).

universitas ibn khaldun bogor uika

Kemudian, setelahnya apabila seseorang dehidrasi dalam waktu berkepanjangan, maka akan timbul infeksi saluran kemih, penyakit ginjal, batu ginjal serta risiko kegemukan.

Untuk mengantisipasi hal itu selama bulan Ramadan, masyarakat yang melaksanakan puasa dianjurkan untuk minum 8 gelas air per hari. Minuman yang memiliki rasa, seperti es cendol ataupun es teler tidak termasuk.

“Tubuh kita itu pada saat puasa membutuhkan 8 gelas air per hari, minum es cendol dan es teler perlu 8 gelas air per harinya. Beduk maghrib minum 2 gelas, selesai shalat maghrib sampai mau tidur itu minimal 4 gelas air, kemudian pada saat sahur minimal 2 gelas air,” ungkapnya.

Namun, tentunya air putih yang dikonsumsi itu harus yang berkualitas. Contoh air minum yang berkualitas adalah tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna dan bebas kuman patogen dan bahan berbahaya. “Kalau ada produk air minum itu harus dipastikan harus memiiki sumber air yang berkualitas dan terlindungi,” ujarnya.

Brand Director Danone-Aqua Intan Ayu Kartika pun melalui produk air mineralnya terus berkomitmen untuk memastikan air yang dikonsumsi masyarakat berkualitas dan terlindungi. Pasalnya, Aqua sendiri juga menerapkan tiga perlindungan agar kemurnian airnya terjaga.

Pertama adalah dengan melindungi sumber daya airnya dan menjaga ekosistem dengan melakukan penanaman hingga 2,5 juta pohon serta menjaga kealamian flora dan faunanya. Kedua adalah perlindungan mineralnya, dalam produksinya alam lah yang bekerja, tidak ada penambahan atau pengurangan mineral di dalam air.

“Ketiga adalah prosesnya, jadi ada 400 kualitas cek sepanjang proses pembptolan, tidak ada sentuhan tangan manusia sama sekali, karena kita ingin apa yang sudah diberikan oleh alam, itu lah yang terbaik, kita memberikan 3 perlindungan pada Aqua,” ujarnya.

Selain itu, di Ramadan tahun ini, pihaknya juga melaksanakan kampanye RamadanBersamaAQUA. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk membagikan cerita di momen Ramadan di sosial media Twitter dan TikTok dengan hashtag #RamadanBersamaAQUA.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin