25 radar bogor

Pemerintah Diminta Waspadai Pemudik Colong Start

Ilustrasi larangan mudik (Dimas Pradipta/JawaPos.com)

Ilustrasi larangan mudik (Dimas Pradipta/JawaPos.com)JAKARTA-RADAR BOGOR, Adanya pelarang mudik lebaran, ternyata tak membuat surut niat warga untuk pulang kampung. Salah satunya adalah dengan cara berangkat menghindari larangan pada 6-17 April 2021. Tindakan pemudik colong start tersebut bisa mengancam pertahanan kesehatan.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo meminta pemerintah mewaspadai pemudik colong start. Sebab, berdasarkan pengalaman beberapa libur panjang sebelumnya, kasus positif Covid-19 naik signifikan.

“Harus diwaspadai potensi mudik di luar ketentuan resmi, karena akan mengancam pertahanan kesehatan kita. Kasus di India harus menjadi cermin kita bersama,” kata Rahmad kepada wartawan, Selasa (19/4).

Penderita Covid-19 di India meledak dengan 100 ribu kasus baru per hari. Pemicunya diduga euforia masyarakat yang berlebihan setelah pemerintah berhasil memberikan vaksin kepada masyarakat dalam jumlah cukup besar.

Menurut Rahmad perlu langkah dan antisipasi nyata dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat untuk menghindari peningkatan kasus Covid-19 seperti di India. Salah satu caranya: mematuhi larangan mudik.

Rahmad mengingatkan pandemi setiap saat bisa meledak jika masyarakat lengah dan abai terhadap ketentuan pemerintah. “Bila nekat mudik, perlu langkah tegas dari aparat desa dan petugas keamanan untuk melarang masuk wilayah tujuan. Bila nekat, ya diminta pulang lagi,” tutur Rahmad.

Sedangkan anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga diri, mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dan WHO.

“Kita harus berkaca pada negara lain, di mana banyak sekali orang yang terpapar Covid-19 yang justru tidak selamat. Di India masyarakatnya sangat kesulitan karena tingkat penyebaran virus mencapai 100 ribu per hari,” ujar Saleh.

Saleh berharap kondisi di India tidak terjadi di Indonesia. “Satu-satunya cara untuk mengantisipasi adalah dengan mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan,” katanya.

Saleh menilai pemerintah perlu mengimbau masyarakat untuk tetap berada di tempat tinggal masing-masing alias tidak mudik. Karena penyebaran virus Covid-19 sangat tergantung pada tingkat mobilitas masyarakat. “Karena itu, masyarakat tetap di tempat tinggal masing-masing, tidak ada kontak antara satu orang dengan orang tertentu kepada orang lain di daerah lain,” kata Saleh.

Untuk mengantisipasi masyarakat tetap mudik, dia meminta pemerintah konsisten melakukan penyekatan di perbatasan. Saleh sepakat masyarakat yang nekat mudik diisolasi ketika tiba di daerah tujuan. “Tidak mudik dulu untuk mengendalikan Covid-19. Itu yang harus dipahami masyarakat kita. Memang tidak mudah, tapi saya kira kalau dikerjakan masih ada harapan,” kata Saleh.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin