25 radar bogor

Begini Jalannya Puasa Ramadan Bagi Warga Positif Covid-19 di Ciawi  

Bitungsari
Warga Desa Bitungsari Ciawi, mendapatkan bantuan sembako dari Satgas Covid-19.
Bitungsari
Warga Desa Bitungsari Ciawi, mendapatkan bantuan sembako dari Gugus Covid-19.

CIAWI-RADAR BOGOR, Ramadan kali ini terasa berbeda bagi R (25) warga RT01/04 Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Wanita berambut panjang itu kini menjalani Ramadan dalam kondisi positif Covid-19.

R sudah sepekan lebih menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Setelah ia dinyatakan positif delapan hari lalu dari swab test.

Namun, R sedikit beruntung, meski positif Covid-19, tak bergejala. Ia masih bisa menjalankan ibadah puasa.

Hanya, R tak bisa berbelanja ke warung atau pasar untuk memenuhi kebutuhan sahur dan berbuka puasa.

Juga tak bisa solat tarawih di masjid, hanya bisa menjalankan aktivitas di rumah dan dalam pengawasan Gugus Covid-19 berskala mikro Desa Bitungsari.

Setiap hari ia disambangi. Dilihat perkembangan penyembuhanya. Untuk kebutuhan makan sehari-hari R mendapatkan bantuan dari Gugus Covid-19 Desa Bitungsari dan Koramil Ciawi.

“Alhamdulilah ini dapat bantuan sembako untuk isolasi mandiri. tadi diantarkan beras, mie instant, minyak goreng dan telur,” katanya kepada radarbogor.id Selasa (20/4/2021).

Sementara itu, Satgas Covid-19 Desa Bitungsari Bidan Intan menuturkan, hampir setiap hari pihaknya memantau perkembangan warga Desa Bitungsari yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Termasuk saat Ramadan saat ini. Iapun mengisahkan suka dukanya selama menjadi gugus Covid-19 Desa Bitungsari.

“Sukanya, jika ada warga yang positif Covid-19 sembuh. Itu luar biasa sekali. Dukanya jika mendapati ada warga yang positif Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu Danramil 2122/Ciawi, Mayor INF mulyadi menuturkan, penyaluran paket sembako bagi warga yang menjalani isolasi mandiri untuk meringankan juga mencegah penularan Covid-19.

“Dengan menyalurkan bantuan, Mereka tidak akan nekat keluar rumah untuk membeli kebutuhan. Ini bisa menekan penularan. Juga saat ini bukan puasa, banyak yang mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 tak bergejala menjalankan ibadah puasa. Sehingga ini bisa membantu mereka untuk sahur dan berbuka puasa,” katanya kepada radarbogor.id Selasa (20/4/2021).

Senada, Danpos Koramil Ciawi Peltu Edi Rasbani menuturkan, selain menyalurkan bantuan, Koramil Ciawi beserta Gugus Covid-19 Desa Bitungsari juga melakukan penyemprotan disinfektan.

“Kita berusaha semaksimal mungkin, agar tidak terjadi penularan juga,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep