25 radar bogor

Sempat Jalani Rehab, Aktor Jeff Smith Gunakan Ganja Sejak Lulus SMA

Jeff Smith. (Abdul Rahman/JawaPos.com)
Jeff Smith. (Abdul Rahman/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ternyata, aktor muda Jeff Smith sudah cukup lama melakukan penyalahgunaan narkoba. Berdasarkan keterangan yang disampaikan aktor berusia 23 tahun kepada penyidik, ia sudah menggunakan narkotika jenis ganja usai lulus SMA.

“Dari pengakuan tersangka, yang bersangkutan menggunakan ganja atau sejenisnya setelah selesai SMA dan yang bersangkutan sempat menjalani rehab pada Desember 2020,” kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo dalam acara rilis hari ini Senin (19/4).

Rehabilitasi yang sempat dijalani Jeff Smith akhir tahun lalu bukan karena ia ditangkap aparat penegak hukum. Rehabilitasi dijalaninya berdasarkan keinginan diri sendiri. Ady Wibowo menyebut Jeff Smith yang mengajukan rehabilitasi untuk memutus ketergantungannya pada obat-obatan terlarang namun sayangnya tidak berhasil.

Mengenai barang bukti berupa empat buku yang diamankan petugas dari kediaman Jeff Smith saat penggeledahan, Ady Wibowo mengaku masih mendalaminya. Sebab kasus ini dinilainya cukup unik karena Jeff Smith memiliki sejumlah buku tentang narkotika jenis ganja.

“Untuk saat ini kami lebih fokus ke pasal penyalahgunaan narkotika itu sendiri. Kita sampaikan ke rekan-rekan media ada yang menarik dari hal ini yaiyu ditemukan buku tentang ganja, itu masih kita dalami,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Jeff Smith menggunakan obat haram lantaran tidak bisa tidur. “Menurut pengakuannya, ganja ini memudahkan dia untuk tidur. Mungkin ada tingkat stres tertentu sehingga dia menggunakan ganja untuk memudahkan tidur,” tuturnya.

Jeff Smith sebelumnya mengaku kepada penyidik sudah menggunakan ganja cukup lama pada 2020 lalu. Akan tetapi hasil tes urine menunjukkan garisnya masih sangat tegas. Ady Wibowo memastikan Jeff Smith belum terlalu lama menggunakan ganja.

“Kita melihat dari hasil tes urine terakhir garisnya jelas. Menurut prediksi kami dari garis itu terakhir menggunakan seminggu lalu,” paparnya.

Jeff Smith diamankan Unit 1 Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat Kamis (15/4) waktu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Dia diamankan di kediamannya di bilangan Jagakarsa Jakarta Selatan. Hasil penggeledahan, polisi menemukan sejumlah barang bukti.

Yaitu berupa narkotika jenis ganja dengan berat 0,52 gram dalam plastik berukuran kecil ditemukan di dalam mobil Jeff Smith. Ssatu plastik berisikan tembakau dengan berat 44 gram yang didapat dalam tas ransel, dua botol cairan liquid vape diduga cairan ganja sintetis, enam pack kertas papir dalam kotak hitam, dua cangklong alat menghisap tembakan, satu unit Honda CRV dan empat buku tentang narkotika jenis ganja.

Dari sejumlah barang bukti yang diamankan, hasil tes laboratorium menunjukkan hanya narkotika jenis ganja dengan berat 0,52 gram di dalam plastik berukuran kecil yang ditemukan di dalam mobil Jeff Smith berupa barang haram. Sementara yang lainnya hasil pengecekan tidak mengandung narkotika.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin