25 radar bogor

Dubes Arab Saudi Optimis Indonesia Dapat Kuota Haji Tahun Ini, Berapa Jumlahnya?

Ilustrasi Jemaah Haji
Ilustrasi Jemaah haji sedang Tawaf
Jamaah haji melaksanakan tawaf dengan menjaga jarak. (SAUDY MEDIA MINISTRY VIA AP)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Altaghafi optimistis ibadah haji akan diselenggarakan tahun ini di tengah pandmi virus corona.

Menurutnya, kemungkinan ibadah haji 2021 ini digelar dengan kuota yang sangat terbatas. Adapun Indonesia, kata dia, kemungkinan menjadi negara yang mendapat kuota haji tahun ini.

“Insyaallah akan ada berita bagus terkait hal itu. Kami juga masih menunggu informasi ataupun berita terbaru tapi insya Allah akan ada ibadah haji untuk Muslim di Indonesia serta Muslim di dunia,” kata Esam Abid di Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Kendati begitu, Esam belum dapat memastikan kapan penyelenggaraan haji resmi diumumkan kepada Muslim di Indonesia maupun di negara lain.

“Bagi Muslim di Indonesia dan juga bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia apa yang harus mereka siapkan yakni terkait vaksinasi,” ujarnya.

Esa mengingatkan, bahwa mereka yang ingin mengikuti ibadah haji harus divaksin Covid-19 terlebih dahulu sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Vaksin itu terkait dengan jenis vaksin dan tentu saja itu adalah hal utama dan tentu saja nantinya kita akan mengetahui kuota kemudian,” terangnya.

“Sebab, kata dia, kuota yang akan disediakan untuk Indonesia itu akan sama dengan negara Muslim lainnya di dunia,” sambungnya.

Ketua Bidang Pengurus MUI Pusat, KH Cholil Nafis menambahkan, bahwa Dubes Esam tidak menyebutkan berapa kuota jemaah haji dan kapan kepastian haji akan diumumkan.

“Saya tadi sempat berbincang dengan Dubes Esam. Saya tanya sedikit ke beliau, apakah ada haji? Insya Allah ada, tapi kuotanya sedikit,” kata KH Cholil.

Pemerintah Arab Saudi memang memberi beberapa persyaratan untuk negara yang hendak memberangkatkan warganya beribadah umrah dan haji. Salah satunya berkaitan wajib sudah menjalani vaksinasi. (der/fin)

Sumber : fajar.co.id
Editor : Yosep