25 radar bogor

Pemkab Bogor Matangkan Persiapan KEK Lido

Bupati Bogor, Ade Yasin Pimpin Rapat secara virtual dengan Kementrian Perekonomian membahasa kawasan KEK Lido. Selasa (13/4/2021). Hendi/Radar Bogor
Bupati Bogor, Ade Yasin mempimpin rapat secara virtual dengan Kementrian Perekonomian membahasa kawasan KEK Lido, Selasa (13/4/2021). Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Setelah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK), persiapan kawasan Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor terus dimatangkan. Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Kementerian terkait juga unsur yang berkaitan seperti MNC menggelar rapat pembahasan secara virtual, Selasa (13/4/2021).

Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, penetapan Kawasan Lido sebagai salah satu KEK di Indonesia, merupakan kabar baik. Apalagi pemerintah juga tengah berupaya memulihkan ekonomi di tengah pandemi ini.

“Saya harap KEK Lido ini akan meningkatkan pendapatan pemerintah daerah, mendorong investasi dan mempercepat pemulihan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor,” kata Ade Yasin.

Dia menilai, KEK di kawasan Lido akan menjadi area wisata komprehensif pertama di Jawa Barat. Dengan MNC Lido City, diharapkan akan mendukung percepatan pencapain target pembangunan Kabupaten Bogor.

“Selain bisa memberikan peningkatan investasi, jumlah kunjungan wisatawan, pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif dan penyerapan tenaga kerja daerah,” tuturnya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sekaligus Ketua Dewan Nasional KEK menilai, KEK Lido atau MNC Lido City Bogor, Jawa Barat, berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta dan Banten, dikelilingi lebih dari 70 juta penduduk.

“KEK MNC Lido City adalah KEK pariwisata yang akan menjadi kebanggaan nasional dan destinasi wisata baru di Indonesia dan terbesar di Asia Tenggara,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya.

Seperti diketahui, KEK di kawasan Lido ditetapkan Kementerian berdasarkan hasil sidang Dewan Nasional KEK pada 10 Februari 2021.

Didalamnya mencakup fasilitas theme park kelas dunia, lapangan golf, serta retail and dining, KEK Lido diproyeksikan akan menarik investasi hingga mencapai 2,4 miliar dolar AS dan diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara hingga mencapai 63,4 juta orang pada tahun 2038 atau rata-rata 3,17 juta wisatawan per tahun. (nal)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Alpin