Beranda Politik Pekan Ini, Presiden Jokowi Dikabarkan Bakal Reshuffle Kabinet

Pekan Ini, Presiden Jokowi Dikabarkan Bakal Reshuffle Kabinet

Presiden Jokowi. (YOUTUBE SEKRETARIAT PRESIDEN)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet lagi. Hal ini karena adanya pengabungan Kemenristek dengan Kemendikbud dan penambahakan Kementerian Investasi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membenarkan akan adanya refhuffle kabinet. Dia mengatakan kemungkinan besar reshuffle dilakukan kepala negara pada pekan ini.

“Menurut Bang Ali itu tak lama makanya ketika ditanya kapan dan Insya Allah pekan- pekan ini. Saya yakini pekan ini. Kita tunggu saja sambil kita menunggu karena apapun alasanya ini kan hak prerogatif presiden,” ujar Ngabalin kepada wartawan, Selasa (13/4).

universitas pakuan unpak

Namun demikian, politikus Partai Golkar ini mengatakan siapa orang yang terkena reshuffle itu semua kewenangannya Presiden Jokowi. “Artinya jika ditanya bisa saja kalau presiden mau presiden bisa melakukan apa yang beliau kehendak terkait dengan susunan kabinet atau diganti atau mengangkat yang baru. Atau melantik kembali yang ada kan begitu misalnya,” katanya.

Ngabalin menilai bahwa Jokowi adalah sosok yang kerap mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Sehingga, ketika surat perubahan nomenklatur kementerian sudah disetuju maka diprediksi dalam waktu dekat reshfulle itu bakan dilakukan Jokowi. “Satu hal yang ada Presiden Jokowi itu tidak pernah lambat dalam mengambil keputusan dan alhamdulillah selalu tepat dan cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, pada Desember 2020 Jokowi telah melakukan reshuffle dengan mengganti sejumlah menteri. Mereka adalah Tri Rismaharini menggantikan Juliari Barubara sebagai menteri sosial, Budi Gunadi Sadikin menggantikan Terawan Agus Putranto untuk mengisi menjadi menteri kesehatan.

Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio, Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menggantikan Fahrul Razi sebagai Menteri Agama, serta Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. (*)

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin