Beranda Bogor Raya Desa Ketahanan Pangan Gunungputri, Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian

Desa Ketahanan Pangan Gunungputri, Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Pertanian

Pemerintah Desa Gunungputri saat panen Ubi Jepang. Arifal/Radar Bogor

GUNUNGPUTRI-RADAR BOGOR, Banyak cara bisa dilakukan masyarakat untuk mewujudkan kemandirian pangan di tengah semakin minimnya lahan pertanian. Salah satunya gerakan yang dilakukan warga Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor.

Mereka menyulap lahan tidur menjadi lahan pertanian. Salah satunya di RW 05, Desa Gunungputri, Kabupaten Bogor. Di lahan 5000 meter tersebut tertanam Ubi Jepang.

Kepala Desa Gunungputri, Daman Huri mengatakan, lokasi pertanian umbi Jepang program ketahanan pangan Desa Gunungputri sudah tiga kali panen.

universitas ibn khaldun bogor uika

“Ini yang ketiga kalinya. Dalam satu kali panen itu kita ambil 100 kilogram untuk dijual,” katanya kepada radarbogor.id Selasa (13/4/2021).

Lanjut Daman Huri, hasil pertanian ubi Jepang progran ketahanan pangan Desa Gunungputri Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor ini dipasarkan melalui UMKM. Namun saat ini baru sebatas menjual hasil pertanian ubi jepanya.

“Kedepannya kita buat produk turunan dari ubi Jepang hasil Program ketahanan pangan Desa Gunungputri ini. Kita sudah mencoba membuat mie ayam dan bolu ubi Jepang. Saat ini dalam pengembangan,” tukasnya. (all)

Reporter: Arifal Fajar
Editor: Alpin