25 radar bogor

Gempa Malang Jadi Alarm Ancaman Megathrust di Selatan Jawa, Daryono : Benar, Perlu Diwaspadai

Peta ancaman gempa megathrust. Foto : twitter
Peta ancaman gempa megathrust. Foto : twitter @DaryonoBMKG

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gempa dengan kekuatan 6,1 SR di Malang, Jawa Timur yang terjadi 10 April 2021, diyakini sebagai alarm akan potensi ancaman gempa megatrhust di Selatan Jawa.

Hal itu diungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono. Melalui akun twitternya @DaryonoBMKG pada 10 April 2021, ia mengingatkan kembali ramalan ahli beberapa waktu lalu akan adanya megathrust di wilayah selatan Jawa adalah benar dan perlu diwaspadai.

“Gempa Selatan Malang yang destruktif, merupakan alarm untuk kita semua bahwa ancaman sumber gempa subduksi lempeng selatan jawa yang selama ini didengungkan oleh para ahli gempa adalah benar. Kita patut waspada,” tulis Daryono.

Pada sumber gempa di Malang, Jawa Timur berupa pergerakan sesar naik (thrust fault). Sesar naik sebenarnya sensitif terhadap potensi tsunami, namun patut disyukuri bahwa gempa di kedalaman menengah tdk cukup kuat mengganggu kolom air laut, sehingga tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini memiliki spektrum guncangan yang luas yang dirasakan hingga daerah Banjarnegara di barat dan Bali di timur. “Adanya spektrum guncangan yang luas ini berkaitan dengan hiposenter gempanya yang cukup dalam,” tambah Daryono. (net)

Editor : Yosep