25 radar bogor

560 Guru SD Ikuti Pendidikan Profesi Guru di Unpak 

Dekan FKIP Universitas Pakuan, Entis Sutisna
Dekan FKIP Universitas Pakuan, Entis Sutisna

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan (FKIP Unpak) kembali dipercaya Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Pendidik pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),  untuk menyelenggarakan pendidikan profesi guru (PPG) tingkat Jawa Barat tahun 2021. 

Pelaksanaan PPG 2021 dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19. Dimulai pada Maret, program sertifikasi ini akan berakhir pada Oktober mendatang. 

Salah satu kegiatan yang wajib diikuti yakni orientasi PPG yang berlangsung pada Jumat (9/4/2021) pekan lalu. Diikuti sebanyak 203 orang tenaga pendidik, para peserta diberikan pembekalan tentang seluk beluk profesi guru.

“Ada tiga angkatan PPG tahun ini. Dengan total jumlah peserta mencapai 560 orang. Tersebar di kota dan kabupaten seluruh Jabar,” ujar Dekan FKIP Unpak, Entis Sutisna. 

Entis menjelaskan, orientasi  bertujuan agar para peserta mengetahui tahapan yang harus dilalui selama PPG berlangsung. Antara lain pendalaman materi, penyusunan perangkat pembelajaran, uji komprehensif, praktek pebgalaman lapangan (PPL), uji kinerja serta uji pengetahuan. “Pelaksanaan PPG tahun ini diikuti oleh para guru bidang studi kelas di tingkat sekolah dasar (SD),” ucap Entis. 

Adapun, sambung Entis,  bertindak sebagai penyelenggara PPG adalah program studi (Prodi) Profesi Guru. Materi yang diajarkan bermacam-macam. Yakni struktur kurikulum PPG dalam jabatan, pendalaman materi profesional dan pedagogig. Kemudian pengembangan perangkat pembelajaran, PPL serta pengenalan learning management system (LMS). “Semua tahapan PPG dikendalikan oleh kordinator penjamin mutu,” tukasnya. (rur)

Editor : Muhammad Ruri Ariatullah