25 radar bogor

Tingkatkan Nilai Ekonomi, Ibu-ibu Bojongkerta Dilatih Membuat Kerajinan Macrame

Bojongkerta
Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, menggelar pelatihan untuk ibu-ibu rumah tangga. Keterampilan itu berupa kerajinan macrame atau simpul tali.
Bojongkerta
Ibu-ibu di Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, dilatih keterampilan itu berupa kerajinan macrame atau simpul tali.

BOGOR – RADAR BOGOR, Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, menggelar pelatihan untuk ibu-ibu rumah tangga. Keterampilan itu berupa kerajinan macrame atau simpul tali.

Ketua PKK Kelurahan Bojongkerta, Neri Yustisiawati mengakui, pelatihan yang menyasar ibu-ibu itu memang menjadi bagian dari program P2WKSS (peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera).

Program itu untuk memantapkan Kelurahan Bojongkerta yang telah terpilih sebagai salah satu kelurahan perwakilan dari Kota Bogor ke tingkat provinsi Jawa Barat.

Oleh karena itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A)  menggelar pelatihan tersebut dengan menggandeng PT Simpul Tali.

Pelatihan berlangsung selama dua hari. Sekira 25 emak-emak mengikuti pelatihan tersebut, yang merupakan bagian dari warga binaan dan kader PKK.

“Pelatihannya dilaksanakan di dua tempat berbeda, yaitu aula kelurahan (Bojongkerta) dan vila kebun yang menjadi lokasi binaan P2WKSS. Alhamdulillah, para peserta begitu antusias dan semangat mengikuti pelatihan,” ujar Neri kepada Radar Bogor, Minggu (11/4/2021).

Ia menilai, keterampilan itu sangat bermanfaat bagi para peserta. Berbagai kerajinan dari simpul tali itu berbuah karya seperti tas rajut, kotak tisu dan gantungan pot. Kerajinan itu bisa bernilai ekonomi bagi kelangsungan hidup keluarga kader PKK.

“Hal semacam ini juga menjadi suatu ikhtiar untuk pemberdayaan ibu-ibu dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga menuju Bojongkerta yang lebih baik,” harapnya. (mam)

Reporter : Imam Rahmanto
Editor : Yosep