25 radar bogor

500 UMKM Ikuti Pelatihan Digital Marketing Sumedang Go Digital 

Sumedang-UMKM
500 UMKM di Kabupaten Sumedang mengikuti acara UMKM Sumedang Go Digital bertajuk "Bangkit Bersama PaDi UMKM, di IPP Setda Kabupaten Sumedang, Sabtu (10/4/2021).
Sumedang-UMKM
500 UMKM di Kabupaten Sumedang mengikuti acara UMKM Sumedang Go Digital bertajuk “Bangkit Bersama PaDi UMKM, di IPP Setda Kabupaten Sumedang, Sabtu (10/4/2021).

SUMEDANG-RADAR BOGOR, Sebanyak 500 UMKM di Kabupaten Sumedang mengikuti acara UMKM Sumedang Go Digital bertajuk “Bangkit Bersama PaDi UMKM, di IPP Setda Kabupaten Sumedang, Sabtu (10/4/2021).

Acara dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir diisi dengan beberapa kegiatan seperti Trainer of Trainer (ToT) Pelaku UMKM, Bazar produk unggulan, Webinar, konseling, Podcast, lomba Tiktok dan Foto produk.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan, dalam kegiatan ini 500 UMKM Sumedang akan dididik, dibina, dikembangkan dan dimasukan dalam flatform digital PaDi (Pasar Digital) UMKM.

Flatform ini, kata Bupati, dikembangkan oleh PT. Telkom bekerjasama dengan Kementerian BUMN. Dalam hal ini, UMKM Sumedang menjadi salah satu percontohan untuk masuk kedalam pasar digital UMKM.

“Kalau sudah nanti masuk akan menghubungkan antara pemasok dan pembeli. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan pendapatan pelaku usaha dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Dikatakan bupati, selain masuk pasar digital, pelaku UMKM juga akan dididik dan dilatih para expert dengan harapan akan berdampak pada meningkatnya dan berkembangnya UMKM di Sumedang.

Ia meyakini, kegiatan UMKM Sumedang Go Digital ini menjadi salah satu solusi di masa pandemi covid-19 dan salah satu ikhtiar dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat.

“Enam puluh persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari UMKM. Kalau PDB enam puluh persen, maka UMKM adalah sektor unggulan yang harus dikembangkan bersama baik regulasi atau budgetnya harus diarahkan untuk UMKM,” kata Bupati.

Hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bidang Keuangan Kementerian BUMN Leto Sianita Ginting, Perwakilan Kementerian Koperasi dan UMKM Rahmadi, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail, Direktur Busines PT. Telkom Fajrin R. Djoemadi, Direkrut Operasional dan Keuangan PT. SMF Trisnadi Yulrisman dan Perwakilan Pasar Digital UMKM Henri Setiawan Wyatno.(*)

Editor : Yosep