25 radar bogor

Setelah Dikelola Cendana, DPR Dukung Pemerintah Ambil Alih TMII

ANTRE: Kondisi jalur pintu masuk ke area wisata TMII.
ANTREKondisi jalur pintu masuk ke area wisata TMII.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Taman Mini Indonesia Indah (TMII)yang selama ini dikelola oleh Yayasan Harapan Kita yang merupakan bagian dari Keluarga Cendana, kini telah diambil alih oleh pemerintah. Hal itu pun menuai sorotan dari kalangan politikus di Parlemen.

Salah satunya Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung memberikan apresiasi karena akhirnya pemerintah bisa mengambil alih TMII tersebut.

“Komisi II DPR memberikan apresiasi dan mendukung langkah yang diambil oleh pemerintah untuk mengambil alih pengelolaan TMII,” ujar Doli kepada wartawan, Kamis (8/4/2021).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini berharap pemerintah, dalam konteks ini, Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), dapat menyelamatkan keberadaan TMII menjadi aset penting bagi Indonesia ini.

“TMII menjadi aset negara yang penting untuk mengenal kekayaan dan keberagaman, terutama budaya Indonesia kepada masyarakat, termasuk manca negara,” katanya.

Sebelumnya, pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama ini dikelola Yayasan Harapan Kita yang dibentuk oleh Ibu Tien Soeharto. Pengambilalihan didasarkan oleh Perpres Nomor 19 Tahun 2021 Tentang TMII yang sudah diteken oleh Presiden Jokowi.

“Presiden telah menerbitkan Perpres 19 tahun 2021, tentang TMII. Yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg dan ini berarti berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita,” kata Mensesneg Pratikno.

Kemensetneg akan membentuk tim transisi untuk menangani proses transisi pengelolaan dari Yayasan Harapan Kita kepada pemerintah.

Pratikno menjelaskan, berdasarkan valuasi Kemensetneg dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) nilai TMII yang memiliki luas 146,7 hektare lebih sekitar Rp 20 triliun.

Lebih lanjut, Pratikno mengatakan, dengan pengelolaan yang kini di tangan pemerintah, diharapkan TMII dapat memberi manfaat optimal kepada masyarakat. Selain itu, diharapkan adanya kontribusi keuangan untuk negara.

Selain itu, pemerintah kemungkinan akan menggunakan sejumlah fasilitas di TMII sebagai pusat inovasi generasi muda.

“Jadi sentra untuk mendorong inovasi, kerja sama dari para kreator dan inovator muda Indonesia,” katanya. (*)

Sumber : jawapos.com
Editor : Yosep