Beranda Metropolis BMC Mayapada Bogor Buka Pelayanan Operasi Katarak, Mutakhir dan Tanpa Jahitan

BMC Mayapada Bogor Buka Pelayanan Operasi Katarak, Mutakhir dan Tanpa Jahitan

dr Libra Sakti, Sp.M

BOGOR-RADAR BOGOR, RS BMC Mayapada Bogor telah membuka pelayanan baru. Masyarakat kini juga bisa menjalani Operasi Katarak di rumah sakit tersebut.

Hal tersebut alam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang lengkap dan berkualitas untuk masyarakat Bogor dan sekitarnya. Tak tanggung-tanggung, Mayapada Hospital Bogor menggandenga dokter spesialisĀ  mata, yakni dr Libra Sakti. Bergabungnya spesialis mata itu membuat pelayanan poliklinik mata di RS BMC semakin lengkap.

Operasi katarak yang bisa dilayani di rumah sakit tersebut memanfaatkan metode Fakoemulsifikasi (tanpa jahitan). Metode itu merupakan generasi paling mutakhir. Melalui metode ini, dokter spesialis mata akan menggunakan getaran ultrasonic untuk menghancurkan lensa mata yang terkena katarak. Operasi bisa dilakukan dengan aman, nyaman, dan tanpa jahitan sehingga pasienĀ  dapat cepat kembali beraktifitas

universitas ibn khaldun bogor uika

“Katarak mata adalah kekeruhan pada lensa mata yang jernih menjadi keruh sehingga cahaya yang masuk ke mata terhalang. Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan menjadi keruh seperti berkabut,” jelas Sakti.

Ia menyebutkan, katarak biasanya muncul pada seseorang yang berusia lanjut usia (lansia). Namun, tak menutup kemungkinan bisa menyerang usia muda. Gejalanya seperti penglihatan kabur, berkabut, dan silau saat melihat cahaya. Hal itu sekaligus ditandai dengan seringnya seseorang berganti kaca mata karena kabur saat melihat.

Selain faktor usia, penyebab katarak yang lain adalah karena trauma, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau penyakit lain seperti diabetes. Katarak mata tidak dapat dihilangkan dengan obat. Dengan operasi teknik canggih yang bisa dilayani BMC Mayapada Hospital, lensa pasien yang terkena katarak akan diganti dengan lensa mata buatan

“Operasi Katarak di Mayapada Hospital Bogor ini dapat menggunakan penjaminan asuransi, pembayaran tunas, ataupun dengan penjaminan BPJS Kesehatan. Jadi, gangguan katarak mata sebaiknya segera diobati sebelum tambah parah. Karena semakin lama bisa menyebabkan kebutaan,” saran dokter yang hobi bermusik ini.

Bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya yang ingin berkonsultasi untuk penanganan katarak dapat menghubungi BMC Mayapada untuk membuat janji melalui nomor 0251 8307900 atau WA Custumer Care 08550003624. (mam)

Reporter: Imam Rahmanto

Editor: Alpin