Beranda Pendidikan Webiner HIMSI UBSI Kampus Kota Bogor, Ini Temanya

Webiner HIMSI UBSI Kampus Kota Bogor, Ini Temanya

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi(HIMSI) Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Bogor telah selesai Menyelenggarakan kegiatan webinar, Kamis (8/4/2021).

Webiner ini mengangkat tema “Teknik pembuatan latar belakang,penggunaan mendeley, dan pembuatan UI/UX desain untuk tugas akhir”. Webinar kali ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik pembuatan latar belakang,penggunaan mendeley, dan pembuatan ui/ux desain untuk prototype dalam pembuatan tugas akhir.

Acara ini diselenggarakan secara online, dengan tetap menerapkan 4 M(Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan). Acara webinar dimulai dari pukul 10.00-13.00 Wib.

Sambutan webinar oleh Dewi Ayu Nur Wulandari, M.Kom selaku kaprodi Sistem Informasi kampus kota Bogor Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika.

Untuk pemateri pertama mengenai teknik latar belakang disampaikan Hilda Amalia, M.Kom. Pemateri pertama merupakan dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang juga penulis aktif artikel ilmiah menyampaikan bahwa sangat penting latar belakang dalam membuat tugas akhir.

Latar belakang merupakan akar dari penulisan karya ilmiah seperti tugas akhir. Jadi saat membuat latar belakang harus menggunakan banyak referensi sebagai acuan pada penulisan yang terdahulu, yang kemudian menulis ulang dengan melakukan paraphrase dengan baik. Pemateri kedua disampaikan oleh Sunarti, M.Kom.

Pada penggunaan Mendeley harus dipastikan laptop atau komputer terkoneksi oleh internet. Mendeley itu sangat user friendly, membantu para peneliti, dosen maupun mahasiswa dalam melakukan sitasi dan pembuatan daftar Pustaka. Untuk desain UI/UX sangat mudah menggunakan aplikas figma.

Pemateri ketiga adalah Yoghi Oktapiansyah yang merupakan mahasiswa akttif semester 4 pada program studi Sistem Informasi Kampus kota Bogor dan juga Ketua HIMSI UBSI Kampus Kota Bogor.

Materi yang disampaikan Yoghi Oktapiansyah sangat menarik perhatian peserta. Karena setelah diberikan pemaparan materi, peserta sangat berantusias untuk mencoba, hal ini banyak pertanyaan mengenai design UI/UX desain. Sangat disarankan saat membuat prototype supaya lebih futuaristik menggunakan aplikasi figma yang dapat didownload gratis.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 3 jam dapat berjalan dengan lancar dan kondusif hingga akhir acara. Walaupun kegiatan dilaksanakan melalu online Zoom Meeting antusia peserta sangat tinggi menghadiri kegiatan ini.

Peserta berjumlah 698peserta. Diakhir acara dilakuakan foto bersama. Materi-materi yang disampaikan narasumber sangat jelas dan clear. Semoga materi dapat bermanfaat dan ada transfer knowledge.(*)