25 radar bogor

Satu Juta Guru sudah Divaksin Covid-19

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang Guru di SMA Negeri 70, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Para guru, dosen dan tenaga pendidik dijadwalkan akan menjalani vaksinasi Covid-19 mulai hari ini. Pelaksanaan vaksinasi khusus guru ini untuk mencegah Covid-19 dilingkungan sekolah. Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang Guru di SMA Negeri 70, Jakarta, Rabu (24/2/2021). Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk guru dan tenaga kependidikan (GTK). Pasalnya, ditargetkan hingga akhir Juni mendatang, penyuntikan sudah harus selesai dengan total sekitar 5,5 juta GTK tervaksinasi.

Mengenai itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri menyampaikan bahwa total GTK yang sudah tervaksinasi berjumlah 1 juta.

“Kemarin, Mas Menteri (Nadiem Makarim) mengatakan ada 500 ribu guru, data kami hari ini (Kamis) itu sekarang yang sudah dosis kesatu 746.896 ribu, yang sudah sampai dosis kedua 284.689,” jelas dia dalam Bincang Sore Kemendikbud, Kamis (8/4).

Angka GTK yang sudah tervaksinasi ini diharapkan dapat terus meningkat setiap harinya. Meskipun ia sendiri menyadari bahwa tidak bisa berlari dengan cepat karena penyediaan vaksin yang juga membutuhkan waktu.

“Oni kita harapkan terus berjalan. Kita menyadari juga jumlah vaksinasi yang diterima ini secara bergelombang, ini memang tidak bisa serentak dengan speed tinggi karena berebarengan dengan penyediaan vaksin,” ujarnya.

Plt Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat (Dirjen Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kartini Rustandi menuturkan, vaksinasi merupakan upaya untuk terjadinya herd immunity.

Kata dia, vaksinasi GTK terus meningkat, tapi tidak cepat. “Kami mengupayakan. Vaksin sendiri memang terbatas dan ada perebutan vaksin di dunia ini, memperhitungkan kembali prioritas termasuk GTK,” imbuhnya.

Sumber: JawaPos.Com
Editor: Alpin