25 radar bogor

Moeldoko Ajak Mathlaul Anwar Persempit Ruang Radikalisme

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengajak organisasi masyarakat Islam Mathlaul Anwar untk ikut mempersempit ruang bagi berkembangnya paham radikal dan tindak intoleransi. (Antara)
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengajak organisasi masyarakat Islam Mathlaul Anwar untk ikut mempersempit ruang bagi berkembangnya paham radikal dan tindak intoleransi. (Antara)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengajak organisasi masyarakat Islam Mathlaul Anwar untk ikut mempersempit ruang bagi berkembangnya paham radikal dan tindak intoleransi. Hal ini demi menyelamatkan bangsa dari ideologi yang membahayakan.

“Mathlaul Anwar bisa menjadi mitra strategis  pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia. Dalam hal ini, Mathlaul Anwar perlu terlibat dalam mempersempit ruang tumbuhnya paham radikal dan intoleransi di Indonesia,” tutur Moeldoko saat menerima audiensi DPP Mathlaul Anwar di Gedung Bina Graha Jakarta.

Dia mengatakan program pembangunan sumber daya manusia (SDM) pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo perlu keterlibatan berbagai pihak, termasuk organisasi masyarakat yang berfokus pada pendidikan, salah satunya Mathlaul Anwar yang perjalanannya sudah berusia 105 tahun.

Selain itu, Moeldoko juga mengapresiasi Mathlaul Anwar yang sejak awal sudah berdiri sebagai salah satu organisasi penggerak di sektor pendidikan yang mandiri, sudah banyak berkontribusi menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terlebih, hingga saat ini Mathlaul Anwar telah memiliki lebih dari 2 ribu madrasah di 33 Provinsi dan 70 perguruan setingkat SD, SMP dan SMA serta satu perguruan tinggi.

Moeldoko yang saat itu didampingi Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin, ikut mendukung usulan nama KH. Mas Abdurrahman, yang merupakan pendiri Mathlaul Anwar, sebagai salah satu pahlawan nasional bidang pendidikan.

“Kami siap ikut menyuarakan. Apalagi, KH Mas Abdurrahman punya kontribusi luar biasa untuk bangsa dari sisi pembangunan SDM,” ujar Moeldoko sebagaimana dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Pada kesempatan itu Moeldoko juga mendukung pelaksanaan Muktamar Ke-20 dan Musyawarah Nasional (Munas) Muslimat ke-5 Mathlaul Anwar yang dilaksanakan di Bogor, Jawa Barat pada 1 – 3 April 2021 lalu.

Diketahui, Muktamar Mathla’ul Anwar yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia tersebut mengusung tema “Menata Umat Merekat Bangsa” dan dihadiri secara virtual sekaligus dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sumber: JawaPos.com

Uploader: PKL-Sofiyah